Hasil Sevilla Vs AS Roma di Final Liga Europa 2022-2023: Menang Adu Penalti, Los Nervionenses Juara

Hasil Sevilla Vs AS Roma di Final Liga Europa 2022-2023: Menang Adu Penalti, Los Nervionenses Juara

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 05:07
share

BUDAPEST - Sevilla menjuarai Liga Europa 2022-2023 usai kalahkan AS Roma lewat adu penalti. Duel Sevilla vs AS Roma berlangsung di Puskas Arena pada Kamis (1/6/2023) dini hari WIB.

Kedua tim bermain imbang 1-1 hingga 120 menit. Sebelum akhirnya, Sevilla juara Liga Europa 2022-2023 usai menangi adu penalti dengan skor 4-1

Babak Pertama

Sejak awal babak pertama, pertandingan berjalan begitu alot. Kedua tim berusaha mendapat gol cepat, tapi kurangnya kreatifitas membuat laga berjalan berimbang.

Hingga akhirnya AS Roma yang dapat peluang emas setelah Mehmet Zeki Celik mengirim umpan tarik. Lalu kemudian disambut Leonardo Spinazzola dengan sepakan keras di dalam kotak penalti.

Sevilla vs AS Roma (FOTO: REUTERS)
Sevilla vs AS Roma (FOTO: REUTERS)

Namun Yassine Bounou berhasil selamatkan gawang Sevilla. Pada akhirnya AS Roma benar-benar unggul lebih dulu.

Melalui umpan terobosan Gianluca Mancini di tengah lapangan, AS Roma dapat peluang emas karena Paulo Dybala lepas dari pengawalan. Dengan tenang, Dybala membobol gawang Bounou menit ke-34.

Sevilla coba membalas lewat tendangan jarak jauh Ivan Rakitic, tapi masih menerpa tiang gawang. Babak pertama ditutup dengan 1-0 untuk AS Roma.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Sevilla terus memborbardir pertahanan AS Roma. Hingga akhirnya itu membuahkan hasil sehingga skor jadi 1-1 pada menit ke-55.

Gol Sevilla berasal dari gol bunuh diri Gianluca Mancini. Tammy Abraham langsung coba membalas tapi Yassine Bounou masih sigap amankan gawang Sevilla.

Memasuki menit akhir, giliran Andrea Belotti yang satu lawan satu dengan Bounou, tapi usahanya masih bisa ditepis kiper asal Maroko itu. Sevilla nyaris unggul di injury time andai sundulan Youssef En-Nesyri tak mengangkasa.

Sevilla kembali nyaris unggul andai tendangan geledek Suso tak diselamatkan Rui Patricio. Hingga babak kedua berakhir, skor tetap 1-1 sehingga laga dilanjutkan ke extra time.

Extra Time

Pertandingan di extra time berjalan dengan sangat alot dan berimbang. Kedua tim yang sudah lelah tak mampu cetak gol kemenangan sehingga laga harus lanjut ke adu penalti.

Adu Penalti

Di babak adu penalti, Sevilla berhasil menang adu penalti dengan skor 4-1. Tidak ada pemain Sevilla yang gagal penalti. Sedangkan dari AS Roma ada Gianluca Mancini dan Roger Ibanez yang gagal penalti.

Susunan Pemain

Sevilla (4-2-3-1): Bounou; J. Navas, L. Bade, N. Gudelj, A. Telles; Fernando, I. Rakitic; L. Ocampos, Oliver, B. Gil; Y. En-Nesyri

Pelatih: Jose Luis Mendilibar

AS Roma (3-4-2-1): R. Patricio; G. Mancini, C. Smalling, R. Ibanez; M. Z. Celik, B. Cristante, N. Matic, L. Spinazzola; P. Dybala, L. Pellegrini; T. Abraham

Pelatih: Jose Mourinho

Topik Menarik