Singgung Soal Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, Gerindra: Kalau MK Putuskan Pasti Ada Masalah Besar

Singgung Soal Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, Gerindra: Kalau MK Putuskan Pasti Ada Masalah Besar

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 20:00
share

JAKARTA, POJOKJATENG.COM Politikus Partai Gerindra, Habiburokhman menanggapi pernyataan advokat Denny Indrayana yang mengaku mendapatkan informasi apabila Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan pemilu legislatif dikembalikan ke sistem proporsional tertutup atau coblos partai.

Menurutnya akan terjadi kekacauan politik apabila MK memutuskan pemilu dikembalikan ke sistem proporsional tertutup. Kakacauan politik itu, kata dia, bisa terjadi di setiap lapisan.

Tiba-tiba berubah menjadi tertutup, kita khawatirkan, jangan sampai terjadi kekacauan politik, baik itu di tingkat pusat, provinsi, atau Kabupaten/Kota, kata Habiburokhman di kompleks parlemen, Selasa (30//2023).

Bukan tanpa alasan, ia mengatakan demikian karena semua partai politik sudah menyiapkan admistrasi untuk pemilu terbuka. Ia pun menilai ada masalah besar apabila MK memutuskan mengembalikan pemilu ke sistem proporsional tertutup.

Oleh karena itu, ia meminta agar MK mendengarkan aspirasi dari berbagai pihak soal gugatan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang sistem Proporsioanl Terbuka.

Kalau MK memutus proporsional tertutup di 2024 pasti ada masalah sangat besar. Semua partai politik, bahkan KPU sudah menyiapkan administrasinya dalam konteks sistem proporsional terbuka, bebernya.

Artikel Singgung Soal Sistem Pemilu Proporsional Tertutup, Gerindra: Kalau MK Putuskan Pasti Ada Masalah Besar pertama kali tampil pada Pojokjateng.com .

Topik Menarik