Ini 6 Cara Menghilangkan Overthinking Sebelum Tidur Di Malam Hari

Ini 6 Cara Menghilangkan Overthinking Sebelum Tidur Di Malam Hari

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 19:30
share

AKURAT.CO Dapat tidur dengan nyenyak di malam hari tanpa beban pikiran apapun menjadi dambaan banyak orang. Namun sayangnya bukan tidur nyenyak sering kali malah dilanda overthinking atau berpikir berlebihan. Karenanya terdapat beberapa cara menghilangkan overthinking sebelum tidur yan perlu diketahui.

Sebagai informasi, overthinking didefinisikan sebagai perilaku atau kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Overthinking membuat seseorang terlalu banyak merenungi masa lalu hingga mengkhawatirkan masa depan.

Overthinking dapat dialami oleh siapa saja dan kapan saja bahkan di waktu sebelum tidur. Overthinking sebelum tidur dapat membuat seseorang dilanda insomnia atau kesulitan tidur di malam hari. Padahal, tidur yang cukup sangat menunjang kesehatan dan produktivitas sehari-hari.

6 Cara Menghilangkan Overthinking Sebelum Tidur

Berikut cara menghilangkan overthinking sebelum tidur, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, Selasa (30/5/2023).

1. Alihkan perhatian

Cara menghilangkan overthinking sebelum tidur pertama yakni mengalihkan perhatian dengan memikirkan hal-hal lainnya. Kunci tidur nyenyak adalah memiliki pikiran yang tenang. Jadi pikirkanlah hal lain, bukan hal yang dikhawatirkan.

Dengan demikian energi otak dapat tercurah untuk hal tersebut tanpa berbenturan dengan dunia nyata. Hal tersebut tidak akan membuat kita kembali khawatir dan overthinking.

2. Turun dari tempat tidur

Apabila mengalami kesulitan tidur atau insomnia karena overthinking selama 20 menit, cara mengatasinya dengan bangun dari tempat tidur. Setelah itu disarankan agar pergi ke ruang remang-remang lain dan menyiapkan sebuah buku catatan untuk menuliskan hal yang membuat khawatir dan terjaga.

Hal tersebut dilakukan sebelum ke kamar dan mencoba untuk bernapas serta menenangkan diri, lalu mengizinkan diri sendiri untuk tidur.

3. Tulis semua hal yang dikhawatirkan

Disarankan untuk menghabiskan waktu sekitar 20 menit untuk menuliskan isi pikiran di atas kertas setiap hari. Hal tersebut akan membuat seseorang menyadari bahwa sebenarnya dia tidak memiliki banyak pikiran yang perlu dikhawatirkan.

Seperti bagaimana saat membuat kesalahan di tempat kerja yang bisa di atasi dengan membuat rencana untuk mencegahnya.

4. Taris napas dalam-dalam

Menarik napas dalam-dalam dapat menjadi teknik distraksi yang baik, terutama jika dipadukan dengan menghitung. Disarankan untuk mencoba bernapas lebih panjang dibanding biasanya, lalu berhenti sebentar dan mengembuskannya.

Cobalah untuk kembali fokus saat pikiran mulai kacau dan kembali melakukan latihan pernapasan yang sama.

5. Habiskan waktu di bawah sinar matahari

Cara menghilangkan overthinking saat malam hari selanjutnya yakni dengan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari pagi hari. Cobalah membuat rencana untuk menghabiskan waktu di bawah sinar matahari pagi.

Sebab mendapat paparan sinar matahari pagi dapat membuat jam internal otak menyesuaikan diri, membuat tidur di malam hari menjadi lebih mudah.

6. Meminum segelas air putih

Cara menghilangkan overthinking sebelum tidur terakhir yang bisa dilakukan yakni dengan meminum segelas air putih. Meminum segelas air putih dapat membantu menghilangkan beban pikiran yang dimiliki sebelum tidur. Anggaplah pikiran tersebut akan larut sejalan dengan air putih yang diminum.

Meminum segelas air putih juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh menjadi lebih terhidrasi. Oleh sebab itu, siapkanlah segelas air putih di samping nakas tempat tidur. Jika kamu memiliki malam yang tenang, segelas air putih tersebut dapat diminum di pagi hari saat bangun tidur.

Itulah beberapa cara menghilangkan overthinking saat malam hari yang bisa dilakukan.

Hal tersebut dapat membantu untuk memiliki waktu tidur yang diinginkan. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik