SBY Sedang ‘Was-was’, Pemilu Proporsional Tertutup Tegaskan Dirinya Sebagai Target Istana

SBY Sedang ‘Was-was’, Pemilu Proporsional Tertutup Tegaskan Dirinya Sebagai Target Istana

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 11:13
share

Pengamat politik sekaligus akademisi, Rocky Gerung mengatakan jika benar rencana pemilu dengan sistem proporsional tertutup terlaksana, maka ini menjelaskan bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah benar salah satu target istana.

Jadi ini satu paket untuk melemahkan mereka yang ada di luar circle koalisi istana, kata Rocky Gerung dikutip dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Selasa, (30/05/23).

Rocky Gerung juga menyatakan dukungannya terhadap pernyataan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai perubahan sistem pemilu.

Betul kecurigaan SBY itu berdasar karena dia adalah bagian dari target istana tuh, melalui politik Moeldoko, tambahnya.

Menurut Rocky, yang lebih penting bagi SBY adalah upaya teknis atau teknikalitas untuk membatalkan pemilu, seperti menciptakan keonaran di dalam sistem elektoral agar dapat dikendalikan.

Ia juga menekankan bahwa cara pemilu sebenarnya bukanlah masalah utama, namun perubahan sistem yang terjadi mendadak menjelang Pilpres tanpa adanya perundingan yang matang membuat banyak pihak bertanya-tanya.

Kalau ribut karena ya alasannya pemilu tertutup atau pemilu terbuka, keduanya ya biasa aja sebetulnya kalau sistem politik kita betul-betul fair (adil), tambahnya.

Ia juga mengungkapkan argumen bahwa karena peserta pemilu adalah partai, maka partai-lah yang seharusnya dicoblos.

Pengamat tersebut menyoroti bahwa pada akhirnya, perubahan ini adalah masalah teknis, di mana kedaulatan rakyat seharusnya berada di atas partai politik.

Kemudian orang bisa persoalkan juga tafsir MK terhadap konstitusi. Apa negara berdasarkan kedaulatan rakyat bukan kedaulatan partai atau sebaliknya? Ini bisa kita bolak-balik filsafat hukumnya tuh, jelasnya.

Topik Menarik