Denny Indrayana Sebut MK Bakal Kabulkan Sistem Proporsional Tertutup, SBY Beri Pernyataan Tegas

Denny Indrayana Sebut MK Bakal Kabulkan Sistem Proporsional Tertutup, SBY Beri Pernyataan Tegas

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 11:07
share
denny indrayana sebut mk bakal kabulkan sistem proporsional tertutup sby beri pernyataan tegas

JAKARTA, POJOKJATENG.COM Ahli Hukum Tata Negara Denny Indrayana mencuri perhatian karena menyebut Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengabulkan sistem Pemilu proporsional tertutup atau coblos partai. Dia mengaku mendapat informasi tersebut dari sumber terpercaya.

MK akan memutuskan pemilu legislatif kembali ke sistem proporsional tertutup, kembali memilih tanda gambar partai saja, kata Denny Indrayana dalam keterangan tertulisnya, Minggu (28/5).

Isu sistem pemilu ini ternyata mendorong Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk angkat bicara. Dia mempertanyakan permasalahan pada sistem proporsional terbuka sehingga harus diganti.

Apakah ada kegentingan & kedaruratan sehingga sistem pemilu diganti ketika proses pemilu sudah dimulai, tulis SBY di akun Twitter resminya, Minggu.

Ingat, DCS (Daftar Caleg Sementara) baru saja diserahkan kpd KPU. Pergantian sistem pemilu di tengah jalan bisa menimbulkan chaos politik, sambungnya.

Menurut SBY, banyak pihak sulit menerima proporsional tertutup apabila MK tidak memiliki alasan yang kuat terkait keputusan mengubah sistem pemilu.

Saya yakin, dalam menyusun DCS, Parpol & Caleg berasumsi sistem pemilu tidak diubah, tetap sistem terbuka. Kalau di tengah jalan diubah oleh MK, menjadi persoalan serius. KPU & Parpol harus siap kelola krisis ini, tegasnya.

SBY berharap pemilu 2024 tetap dilaksanakan menggunakan sistem proporsional terbuka. Menurutnya, perubahan sistem dapat dilakukan setelah penyelenggaraan Pemilu 2024.

Artikel Denny Indrayana Sebut MK Bakal Kabulkan Sistem Proporsional Tertutup, SBY Beri Pernyataan Tegas pertama kali tampil pada Pojokjateng.com .

Topik Menarik