Rusia Ucapkan Selamat Tinggal pada KFC, Brand Lokal Ambil Alih 1.100 Restoran

Rusia Ucapkan Selamat Tinggal pada KFC, Brand Lokal Ambil Alih 1.100 Restoran

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 7 Mei 2023 - 06:27
share

MOSKOW Empat belas bulan sejak perang Rusia Ukraina pecah pada Februari tahun lalu, eksodus brand makanan cepat saji dari Rusia terus berlanjut. KFC telah menyelesaikan proses keluarnya dari pasar Rusia , tetapi warga setempat masih bisa menikmati hidangan khas fast food.

Sebagai penggantinya dilaporkan oleh Reuters, muncul peritel lain serupa dengan nama Rostik\'s. Hal itu menunjukkan bahwa di mana pun Anda tinggal, sangat penting untuk mendapatkan ayam goreng.

Siapakah Rostik, KFC Rusia?

Rostik\'s (terkadang disebut sebagai Rostic\'s) adalah rantai restoran yang didirikan pada tahun 1993 ketika Rusia beralih dari komunisme ke kapitalisme. Pada tahun 2005, KFC bermitra dengan Rostik untuk memulai ekspansinya ke Rusia pada tahun 2010, hingga KFC akhirnya menggunakan opsi untuk sepenuhnya membeli Rostik.

Sekarang, ketika KFC keluar dari pasar Rusia sebagai respons atas serangan Moskow ke Ukraina, perusahaan telah mengalihkan semua hak waralabanya ke bisnis lokal, sistem waralaba itu bernama Smart Service. Perusahaan ini memegang merek dagang Rostik, bersama dengan 1.100 lokasi KFC di Rusia.

Akan tetapi tidak semua lokasi KFC di Rusia hilang. Ada sisa-sisa KFC di pasar Rusia, karena pewaralaba telah diizinkan untuk tetap membuka toko yang ada dan tidak akan dipaksa untuk mengubah citra toko-toko itu jika mereka tidak mau.

Kondisi tersebut mirip dengan bagaimana Subway mengizinkan beberapa operator untuk tetap buka di Rusia, karena toko-toko itu dimiliki secara independen. Namun semua keuntungan dari Subway dialihkan ke upaya bantuan perang Ukraina.

Keluarnya KFC menggemakan McDonald\'s setelah Golden Arches ditarik pada tahun 2022. Seorang pemegang lisensi lokal mengambil alih restoran McDonald\'s, menggantinya dengan merek baru yang disebut "Vkusno & Tochka," yang berarti "enak dan hanya itu." Makanan yang disajikan juga lebih beragam.

KFC tercatat mempunyai sekitar 1.100 restoran di Rusia sebelum keluar, dan perusahaan sempat menargetkan ekspansi di Rusia hingga perang antara Rusia dan Ukraina dimulai pada Februari 2022. Karyawan KFC dipastikan bakal terus dipertahankan oleh Rostik.

Apa yang ada di menu Rostik?

Menu yang disajikan Rostik hampir identik dengan KFC, meskipun nama-nama makanan bakal mengalami perubahan. Misalnya, Twister (yang merupakan KFC Snack Wrap) akan disebut Chef-Roll, sementara produk lain yang disebut Boxmaster akan disebut Rostmaster. Belum ada kabar apakah campuran rahasia Kolonel dari 11 bumbu dan rempah-rempah akan tetap sama.

Sementara itu sepertinya tidak banyak yang akan berubah dari sudut pandang pelanggan. Dimana logo Rostik bahkan adalah warna KFC yang akrab dengan merah, putih, dan hitam.

Smart Service memperkirakan bahwa seluruh rebranding akan memakan waktu sekitar 18 bulan, dan Rusia akan dapat terus mengunyah stik drum seperti biasa, walau hanya di bawah spanduk yang sedikit berbeda.

(akr)

Topik Menarik