Kawasan Cirebon Raya Akan Dikembangkan Jadi Destinasi Unggulan

Kawasan Cirebon Raya Akan Dikembangkan Jadi Destinasi Unggulan

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 6 Mei 2023 - 22:15
share

KLIKNUSAE.com - Selamat datang di kawasan Cirebon Raya. Sebuah destinasi wisata yang sedang gencar dikembangkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat (Disparbud Jabar).

Di sini, Anda akan menemukan keindahan alam, wisata kuliner yang lezat, serta kearifan lokal yang kaya akan budaya dan sejarah.

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar, menyatakan keyakinannya bahwa Cirebon Raya memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi favorit dan unggulan di wilayah Jawa Barat.

Seperti Bandung Raya, Bogor Raya, serta Pangandaran. Pada momen libur Hari Raya Idul Fitri 2023, jumlah wisatawan di Cirebon Raya meningkat hingga 110 persen.

Hal ini menandakan potensi besar yang dapat dikembangkan.

Untuk memastikan keberhasilan pengembangan pariwisata di Cirebon Raya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat telah melakukan kunjungan kerja ke kawasan ini.

Dan berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon. Mereka melakukan monitoring ke sejumlah destinasi.

Diantaranya, Gedung Creative Center, Kampung Arab, Keraton Kacirebonan, serta Gua Sunyaragi.

Wisata Kuliner

Cirebon Raya menawarkan tiga potensi wisata unggulan yaitu wisata kuliner, wisata religi, dan wisata budaya.

Benny Bachtiar berharap bahwa ketiga potensi tersebut dapat ditangkap sebagai peluang untuk menunjukkan keunggulan destinasi ini.

Disparbud Jabar juga akan mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan kolaborasi demi terwujudnya pariwisata juara.

Sehingga memberikan manfaat positif kepada masyarakat sekitar destinasi. Masyarakat sekitar destinasi akan dilibatkan sebagai pelaku usaha pariwisata, bukan hanya sebagai penonton.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Agus Sukmanjaya, menyatakan kesiapannya untuk menjadikan Cirebon sebagai salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Barat.

Dengan adanya Tol Cisumdawu serta Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, di Kabupaten Majalengka, peluang untuk mendatangkan banyak wisatawan semakin terbuka lebar.

Dengan segala potensinya, Cirebon Raya siap bersaing dengan kawasan wisata lainnya di Jawa Barat.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam, kuliner, budaya, dan sejarah di destinasi yang sedang naik daun ini. ***

Topik Menarik