Hadapi Timur Leste, Indra Sjafri Pastikan Lakukan Rotasi di Timnas Indonesia U-22

Hadapi Timur Leste, Indra Sjafri Pastikan Lakukan Rotasi di Timnas Indonesia U-22

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 6 Mei 2023 - 15:35
share

FAJAR.CO.ID, PHNOM PENH Tim Nasional U-22 Indonesia akan menghadapi Timor Leste, Minggu, 7 Mei. Boleh dibilang, inilah tim terlemah.

Meski begitu, pelatih Indonesia Indra Sjafri memastikan membawa 20 pemain untuk mengarungi SEA Games 2023 Kamboja, sembari mencari tim tangguh.

Sampai pertandingan kedua fase grup A melawan Myanmar, total sudah ada 17 pemain yang dimainkan. Baik sebagai starter maupun pengganti.

Masih ada tiga pemain yang sama sekali belum mendapat kesempatan bermain. Mereka adalah kiper Adi Satryo, Komang Teguh (center back), dan Haykal Alhafiz (fullback kiri). Lalu, bagaimana peluang bermain tiga pemain itu?

Indra mengisyaratkan bakal melakukan rotasi pada pertandingan ketiga fase grup A SEA Games 2023 Kamboja. Tepatnya saat Indonesia berjumpa Timor Leste. Pertandingan itu dimainkan pada Minggu, 7 Mei pukul 17.00 Wita di Olympic Stadium, Phnom Penh.

Ya, sudah pasti (akan memberikan kesempatan yang adil untuk bermain, Red). Fase grup ini kami jadikan untuk mencari sebelas pemain terbaik. Artinya, akan ada rotasi pemain. Tapi, bukan dalam rangka karena kurang waktu recovery. Kami akan melakukan rotasi dalam rangka untuk mencari tim terbaik, jelas mantan pelatih Bali United itu.

Waktu bagi tim untuk melakukan recovery cukup baik. Sebab, pada fase grup, jadwal antar pertandingan tidak terlalu berdekatan.

Jarak pertandingan pertama dan kedua adalah empat hari. Lalu, jarak pertandingan berikutnya adalah tiga hari, ungkap direktur teknik PSSI tersebut.

Dengan demikian, Indra bisa jadi melakukan rotasi yang cukup signifikan dalam pertandingan melawan Timor Leste. Termasuk mengistirahatkan kiper Ernando Ari untuk memberikan kesempatan bermain kepada Adi Satryo. Bisa (termasuk kiper yang dirotasi). Bisa, tegasnya.

Pertandingan fase grup benar-benar akan dijadikan ajang untuk menentukan komposisi pemain terbaik.

Puncaknya nanti adalah semifinal dan final. Makanya, kami akan mencari dream team untuk nanti tampil di semifinal dan final, terang pelatih yang sukses mengantarkan timnas U-19 Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 pada 2013 itu.

Meski demikian, Indra belum mau berbicara soal lawan yang berpotensi dihadapi Indonesia di semifinal. Jika melihat klasemen sementara grup B, Vietnam berada di urutan pertama. Lalu, Malaysia berada di urutan kedua. Sementara itu, Thailand berada di posisi ketiga.

Kami tidak terlalu memikirkan siapa yang akan lolos. Kalau saya sebutkan nama, berarti saya berdoa untuk tim tersebut supaya lolos, ucap Indra.

Jadi, silakan saja mereka bertarung di grup B. Dan, siapa pun yang akan menjadi lawan, kami siap kalahkan, imbuhnya.

Sementara itu, jelang pertemuan melawan Timor Leste, timnas U-22 menjalani program latihan pemulihan kemarin.

Hari ini (kemarin, Red) alhamdulillah kami mendapatkan porsi latihan pemulihan. Saat ini kondisi saya dan teman-teman tidak ada masalah, ucap kiper timnas Ernando Ari. (fiq/c17/ttg/ali/jpg/zuk/fajar)

Topik Menarik