Lepas Kontingen Indonesia, Presiden Jokowi Minta Hal Ini kepada 599 Atlet yang Berangkat ke SEA Games 2023 Kamboja

Lepas Kontingen Indonesia, Presiden Jokowi Minta Hal Ini kepada 599 Atlet yang Berangkat ke SEA Games 2023 Kamboja

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 2 Mei 2023 - 10:30
share

JAKARTA Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023 resmi dilepas Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (2/5/2023) pagi WIB. Dalam momen tersebut, Jokowi pun berpesan agar 599 atlet yang dikirim ke Kamboja bisa meraih hasil yang lebih baik ketimbang edisi sebelumnya.

Bila diingat, pada SEA Games 2021, Indonesia menempati urutan ketiga dengan meraih 69 medali emas. Ia pun berharap di SEA Games edisi ke-32 ini, pencapaian Indonesia bisa jauh lebih baik dari itu.

Saya hanya pesan, di SEA Games (2021) di Vietnam, kita saat itu memperoleh meraih 69 medali emas dan peringkat kita di peringkat ketiga. Sekarang mestinya lebih dari itu. Saya minta emasnya di atas 69, peringkatnya juga di atas tiga, kata Jokowi, dalam sambutannya, Selasa (2/5/2023).

Ya, sebanyak 599 atlet dilepas oleh Presiden Jokowi untuk tampil di pesta olahrga dua tahunan terakbar di ASEAN itu. Mereka bakal bertanding dalam 31 dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Presiden Joko Widodo lepas kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja (Sekretariat Presiden)

Hari ini saya akan melepas kontingen SEA Games ke-32 ke Kamboja yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet, dan akan mengikuti 31 cabor, sambung Jokowi.

Dengan mengucap bismillahirrohmanirrahim kontingen SEA Games ke-32 ke Kamboja saya nyatakan di berangkatkan, tambahnya.

SEA Games 2023 Kamboja sendiri akan digelar pada 5-12 Mei mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, yang hadir dalam acara pelepasan tersebut, mengatakan bahwa para atlet akan diberangkatkan dalam kontingen besar pada Kamis 4 Mei 2023.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Saptaoktohari dan Ketua Kontingen Indonesia, Lexyndo Hakim. Selain itu, para petinggi dari berbagai federasi cabor yang dipertandingkan juga ikut meramaikan pelepasan tersebut.

Seperti diketahui, Tim Merah-Putih mengutus kontingen yang besar di ajang SEA Games 2023 Kamboja yang akan berlangsung pada 5-17 Mei mendatang. Tak tanggung-tanggung, Menpora Dito Ariotedjo mengirim 599 atlet yang terdiri dari 379 putra dan 220 putri.

Hampir 600 atlet yang berangkat tersebut bakal bertanding di 31 dari 37 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di Kamboja. Menpora menargetkan Indonesia bisa memetik setidaknya 60 medali emas pada SEA Games tahun ini.

Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan pada edisi SEA Games 2021 Vietnam. Kala itu, Indonesia hanya mengirim sebanyak 499 atlet.

Presiden Joko Widodo lepas kontingen Indonesia ke SEA Games 2023 Kamboja (Sekretariat Presiden)

Hasilnya, Indonesia berhasil membawa pulang total 241 medali yang terdiri dari 69 emas, 91 perak dan 81 perunggu. Mayoritas medali itu didapat dari cabor menembak dan dayung. Akan tetapi, kedua cabor tersebut tidak dipertandingkan di Kamboja sehingga Skuad Garuda diproyeksikan kehilangan banyak medali.

Karena itu, Indonesia mengirim lebih banyak atlet ke Kamboja tahun ini. Harapannya agar medali-medali yang hilang tersebut bisa digantikan oleh cabor lain yang menurunkan lebih banyak atlet.

Topik Menarik