May Day 2023, Ribuan Massa Buruh Long March dari Gambir Menuju Patung Kuda

May Day 2023, Ribuan Massa Buruh Long March dari Gambir Menuju Patung Kuda

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 1 Mei 2023 - 10:05
share

JAKARTA - Ribuan massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) mulai mendatangi titik aksi May Day atau hari buruh di Jakarta. Adapun titik aksi berada di Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK).

May Day 2023, Jokowi AJak Buruh Kembali Hidupkan Perekonomian Usai Pandemi

Pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi pada Senin (1/5/2023), massa buruh dari aliansi KSPN longmarch dari Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat melewati Jalan Medan Merdeka Selatan.

Massa buruh yang dilengkapi atribut bendera KSPN hingga spanduk mulai berjalan dikawal dengan motor patroli pengawal (patwal) milik kepolisian.

Aksi May Day, 4.216 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan Hari Buruh

"Batalkan, Undang-Undang Cipta Kerja Yang Menyengsarakan Buruh Indonesia," tulis spanduk raksasa yang dibentangkan aliansi buruh.

Tak hanya berjalan kaki massa buruh dari KSPN juga terlihat membawa sepeda motor di barisan belakang. Ribuan massa buruh juga dikawal dengan satu unit mobil komando.

"Hidup Buruh," seru orator di atas mobil komando.

"Hidup," jawab massa buruh.

Polres Jakarta Pusat telah melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (1/5/2023). Pengalihan arus lalu lintas ini dilakukan terkait adanya aksi May Day yang dilakukan ribuan buruh hari ini.

Diketahui sebanyak 4.216 personel gabungan dari TNI, Polri, maupun Satpol PP dikerahkan untuk mengamankan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day di Jakarta.

Jajaran kepolisian menerjunkan sebanyak 3.318 personel. Kemudian dari unsur TNI mengerahkan sebanyak 690 anggota. Sedangkan, personel dari Pemprov DKI sejumlah 208 petugas. Ribuan petugas gabungan itu disebar di empat titik.

Topik Menarik