Jalan Basah dan Macet, Banyak Mobil Kesulitan Taklukkan Tanjakan Lingkar Gentong

Jalan Basah dan Macet, Banyak Mobil Kesulitan Taklukkan Tanjakan Lingkar Gentong

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 30 April 2023 - 23:00
share

TASIKMALAYA Kondisi jalan yang basah usai diguyur hujan ditambah macet parah , membuat sejumlah pengemudi mobil kesulitan melewati jalur Lingkar Gentong , Minggu malam (30/4/2023) .

Hasil pengamatan di lokasi, sejumlah mobil berpenggerak roda depan maupun mobil tua banyak yang mengalami kesulitan dan bagian roda mengeluarkan kepulan asap yang berasal dari kampas kopling yang terbakar.

Bahkan banyak dari penumpang mobil yang kendaraannya tidak kuat menanjak harus menurunkan penumpangnya. Para penumpang tersebut kemudian berjalan kaki melalui pinggiran tepian tanjakan ekstrem jalur Lingkar Gentong hingga bagian titik jalan yang tidak terlalu curam.

Hal tersebut membuat sejumlah warga lokal yang melihat momen tersebut menawarkan jasa ganjal kepada para pengemudi mobil.

Usai mengantarkan mobil yang mengalami kesulitan menanjak di titik jalan yang sudah tidak terlalu curam dan arus lalu lintas mulai bergerak, para tukang ganjal tersebut kemudian meminta upah jasa mereka.

Terkadang mereka meminta Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu kepada sopir yang membuka kacanya karena tidak menggunakan pendingin udara agar tenaga mobil dalam melahap tanjakan lebih optimal.

Hingga pukul 19.40 WIB, arus lalu lintas dari arah Timur (Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Banjar, Jawa Tengah) menunju arah Barat (Kabupaten Garut, Malangbong, Limbangan, Nagreg, Bandung, Jabodetabek) terpantau padat merayap.

Sebagaimana diketahui bahwa gelombang pertama puncak arus balik libur Idulfitri 1444H akan terjadi pada 24 dan 25 April 2023 mengingat aktivitas masyarakat pada umumnya sudah mulai kembali normal pada Rabu 26 April 2023.

Gelombang kedua puncak arus balik diprediksi terjadi pada 30 April dan 1 Mei karena kebanyakan para pelajar di sekolah negeri masuk pada 2 Mei 2023.

(nic)

Topik Menarik