Setelah Dilarang Sementara, ChatGPT Kembali Online di Italia, Ini Penyebabnya

Setelah Dilarang Sementara, ChatGPT Kembali Online di Italia, Ini Penyebabnya

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 21:30
share

Berita Baru, Roma Setelah dilarang sementara, ChatGPT kembali online di Italia setelah pembuatnya, OpenAI, mengatasi atau mengklarifikasi masalah yang diangkat oleh otoritas perlindungan data Italia.

Hal itu disampaikan oleh otoritas Italia dan OpenAI dalam sebuah pernyataan terpisah pada Sabtu (29/4). Sebelumnya, OpenAI diperbolehkan di Italia.

Tapi pada bulan Maret, Otoritas Perlindungan Data Italia, juga dikenal sebagai Garante, melarangnya dan meluncurkan penyelidikan terhadap dugaan pelanggaran aturan privasi aplikasi kecerdasan buatan.

Otoritas Perlindungan Data Italia menggambarkan tindakannya sebagai sementara sampai ChatGPT menghormati privasi.

Garante mengatakan pengembang ChatGPT OpenAI tidak memiliki dasar hukum untuk membenarkan pengumpulan dan penyimpanan massal data pribadi untuk tujuan melatih algoritme yang mendasari pengoperasian platform.

Lebih lanjut merujuk pada pelanggaran data pada 20 Maret ketika percakapan pengguna dan informasi pembayaran dikompromikan, masalah yang disalahkan oleh perusahaan Amerika Serikat pada bug.

Garante juga menuduh OpenAI gagal memeriksa usia pengguna ChatGPT yang seharusnya berusia 13 tahun ke atas. OpenAI mengatakan akan menawarkan alat untuk memverifikasi usia pengguna di Italia saat mendaftar.

Melansir Reuters , OpenAI mengatakan akan memberikan visibilitas yang lebih besar dari kebijakan privasi dan formulir opt-out konten pengguna.

Ini juga akan memberikan formulir baru bagi pengguna Uni Eropa untuk menggunakan hak mereka untuk menolak penggunaan data pribadi untuk melatih modelnya, kata juru bicara perusahaan.

Garante mengkonfirmasi pada hari Jumat (27/4) bahwa chatbot telah kembali online di negara tersebut, menambahkan bahwa pihaknya melanjutkan penyelidikan terhadap OpenAI.

Pengawas menyambut baik langkah-langkah yang diambil sejauh ini untuk mengatasi kekhawatirannya dan berharap OpenAI akan memenuhi permintaan lebih lanjut, khususnya tentang verifikasi usia dan memberi tahu orang Italia tentang penggunaan data mereka.

Topik Menarik