Fakta Menarik Danau Toba, Dijamin Bikin Takjub!

Fakta Menarik Danau Toba, Dijamin Bikin Takjub!

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 29 April 2023 - 10:20
share

DANAU Toba memang sudah menjadi destinasi wisata yang populer di Sumatra Utara dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Danau ini merupakan ikon yang tak terlepaskan dari ibukota Medan. Keindahan sekeliling danaunya pun menjadi daya tarik utama yang dimiliki destinasi wisata ini.

Di samping itu, ternyata ada beberapa fakta menarik tentang Danau Toba yang tidak banyak orang tahu, lho. Berikut di antaranya.

1. Terbentuk karena letusan gunung

Danau terbentuk karena letusan gunung berapi yang bernama Toba yang meletus pertama kali pada 800.000 tahun lalu. Akibatnya, terbentuklah aldera sisi selatan gunung yang meliputi daerah Parapat dan Porsea, Sumatra Utara.

Letusan kedua memiliki kekuatan yang kecil, terjadi pada 500.000 tahun lalu dan membentuk kaldera di sisi utara, yaitu di daerah Silalahi dan Haranggaol. Sedangkan yang ketiga, gunung ini meletus kembali dan menghasilkan kaldera yang menjadi Danau Toba dengan terbentuknya Pulau Samosir di tengahnya. Peristiwa tersebut terjadi pada 74.000 lalu.

2. Danauvulkanik terbesar di dunia

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), Danau Toba memiliki luas mencapai 112.790 hektare dan merupakan danau terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu, danau ini pun dinobatkan menjadi danau vulkanik terbesar di dunia dengan panjang danau mencapai sekitar 100 km dengan lebar mencapai sekitar 30 km. Luas banget kan?

3. Danau di tengah danau

Hal unik lainnya dari danau ini adalah keberadaan dua danau kembar di tengah Pulau Samosir, yaitu Danau Sidihoni dengan luas kurang lebih 5 hektare dan Danau Aek Natonang yang membentang seluas 105 hektare.

4. Dasar danau yang terangkat

Pulau Samosir yang selama ini dikenal ada di tengah Danau Toba merupakan sebagian dari dasar danau yang terangkat akibat letusan gunung ribuan tahun lalu. Luasnya mencapai 640 kilometer persegi, luas Pulau Samosir menyamai dengan luas Kota Jakarta.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin merasakan sensasi kemegahan Danau Toba, Anda bisa merencanakan perjalanannya dari sekarang bersama Mister Aladin. Dapatkan DISKON 50% untuk beragam paket tur di Indonesia, salah satunya adalah tur dan aktivitas di Danau Toba itu sendiri. Informasi lengkap mengenai promo ini dapat diakses melalui halaman berikut: https://www.misteraladin.com/promotions/petasanexplore .

Topik Menarik