Setelah Lebih dari 3 Dekade, Wolverine yang Terancam Punah Kembali Terlihat

Setelah Lebih dari 3 Dekade, Wolverine yang Terancam Punah Kembali Terlihat

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 28 April 2023 - 05:45
share

PORTLAND - Setelah puluhan tahun tak terlihat, seekor wolverine ditemukan oleh pemancing di Sungai Columbia, dekat Portland, Oregon, Amerika Serikat (AS). Menurut Departemen Perikanan dan Magasatwa Oregon, ini merupakan pertama kali seekor wolverine terlihat dalam lebih dari tiga dekade.

Wolverine adalah hewan yang menyerupai beruang kecil dengan ekor lebat. Wolverine adalah satwa langka dan masuk dalam daftar hewan terancam di Oregon.

10 Hewan Paling Bau di Dunia, Ada Wolverine!

Penampakan wolverine ini tertangkap oleh kamera dua pemancing di Sungai Columbia bulan lalu. Mereka mengirimkan foto hewan itu ke Cascadia Wild, kelompok konservasi satwa liar nirlaba yang berfokus pada pelacakan wolverine.

Upaya pelacakan yang dilakukan oleh Cascadia menyusul laporan tersebut menemukan sejumlah jejak yang diduga milik wolverine di dekat Sungai Columbia.

Departemen Perikanan dan Magasatwa Oregon dan Cascadia kemudian memasang stasiun pemantauan non-invasif di area tersebut dengan harapan dapat menangkap lebih banyak bukti keberadaan wolverine. Meski begitu, mereka mengatakan mereka tidak berharap hewan itu akan muncul lagi.

"Kemungkinan hewan ini menyebar karena habitat di daerah tersebut tidak memenuhi persyaratan sejarah hidup wolverine," kata Teri Lysak, koordinator pelacakan wolverine di Cascadia Wild sebagaimana dilansir BBC .

"Wolverine dapat melakukan perjalanan lebih dari 30 mil dalam sehari, jadi kemungkinan besar hewan tersebut sudah lama menghilang dari tempatnya terlihat, ujarnya.

Menurut data Departemen Perikanan dan Magasatwa Amerika Serikat, wolverine ditemukan di California, Colorado, Idaho, Montana, Nevada, Oregon, Utah, Washington, dan Wyoming. Hewan ini diklasifikasikan sebagai hewan terancam punah.

Topik Menarik