Naudzubillah! 9 Azab Mengerikan bagi Orang yang Enggan Bayar Utang, Begini Hadisnya

Naudzubillah! 9 Azab Mengerikan bagi Orang yang Enggan Bayar Utang, Begini Hadisnya

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 28 April 2023 - 04:24
share

Dalam Islam, membayar utang hukumnya wajib. Allah menjanjikan azab yang mengerikan bagi orang yang tidak membayar utang. Bahkan dalam salah satu hadist disebutkan, jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan utangnya hingga ia melunasinya.

Karena itu, orang yang memiliki utang hendaknya segera melunasinya supaya tidak menjadi beban di dunia maupun di akhirat kelak.

Ustaz Ahmad Syahrin Thoriq dalam satu kajian menerangkan beberapa Hadis yang berkaitan dengan perkara utang. Berikut ini di antara Hadis-hadis ancaman bagi orang yang enggan membayar utangnya. Terkhusus bagi yang sengaja enggan untuk membayarnya.

9 Hadist Ancaman bagi Orang yang Tak Bayar Hutang

1. Amalnya Akan Digunakan Melunasi Utangnya di Akhirat

Artinya: Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu Dirham, maka utang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya karena di sana (di Akhirat) tidak ada lagi Dinar dan Dirham. (HR Ibnu Majah)

2. Jiwanya Menggantung sampai Utangnya Dilunasi

Artinya: Jiwa seorang mukmin masih bergantung dengan utangnya hingga dia melunasinya. (HR Tirmidzi)

Tentang makna tergantung jiwa karena hutang Al-\'Iraqiy menjelaskan, Urusannya masih menggantung, artinya tidak bisa kita katakan ia selamat ataukah sengsara sampai hutangnya tersebut lunas ataukah tidak. [Tuhfah Al Ahwadzi (4/164)]

3. Karena Utang, di Akhirat Statusnya Berubah Menjadi Pencuri

Siapa saja yang berutang lalu berniat tidak mau melunasinya, maka dia akan bertemu Allah (pada hari Kiamat) dengan status sebagai pencuri. (HR Ibnu Majah)

4. Utang Menjadikan Seseorang Pendusta

: :

Seseorang bertanya kepada Rasulullah : \'Alangkah seringnya anda berlindung dari hutang.\' Maka beliau menjawab: \'Jika orang yang berutang berkata, dia akan sering berdusta. Jika dia berjanji, dia akan mengingkari. (HR Al-Bukhari)

5. Utang Akan Merusak Kehidupan Seseorang

Artinya: Barangsiapa yang mengambil harta manusia, dengan niat ingin menghancurkannya, maka Allah juga akan menghancurkan dirinya. (HR Al-Bukhari)

Para ulama menjelaskan, makna \'mengambil dengan niat menghancurkannya\' adalah seseorang yang berhutang dan enggan untuk membayarnya. [Mirqatul Mafatih (5/1957)]

6. Rasulullah SAW Tidak Mau Menyalati Orang yang Punya Utang

Adalah Rasulullah tidak mensholatkan laki-laki yang memiliki utang. Pernah suatu kali didatangkan mayit ke hadapannya. Beliau bertanya tentang keadaan mayit yang akan dishalatkan: Apakah dia memiliki utang? Mereka menjawab: Ada tiga Dinar. Beliau berkata, Shalatkanlah sahabat kalian ini... (HR Al-Bukhari)

7. Tidak Diampuni meskipun Mati Syahid

Artinya: Semua dosa orang yang mati syahid akan diampuni kecuali utang. (HR Muslim)

Demi yang jiwaku ada ditanganNya, seandainya seorang laki-laki terbunuh di jalan Allah, kemudian dihidupkan lagi, lalu dia terbunuh lagi dua kali, dan dia masih punya utang, maka dia tidak akan masuk surga sampai utangnya itu dilunasi. (HR. Ahmad)

Imam al-Munawi berkata: Semua dosa yang terkait dengan hak orang lain, baik dalam masalah urusan darah, harta, kehormatan, semua ini tidak diampuni dengan syahadah atau mati syahid. [Faidh al-Qadir (6/463)]

8. Tak Bayar Utang Salah Satu Bentuk Kezaliman

Penundaan (pembayaran utang) dari seorang yang mampu adalah sebuah kezaliman. (HR Al-Bukhari)

Sayidina Umar bin Abdul Aziz berkata: Sesungguhnya utang yang (tidak segera dibayar) adalah kehinaan di siang hari dan kesengsaraan di malam hari. Jauhi itu, niscaya martabat dan harga diri kalian akan selamat, dan masih tersisa kemuliaan bagi kalian di tengah- tengah manusia selama kalian hidup. [Umar, Maalim Al Ishlah wa At Tajdid (2/71)]

9. Berhak untuk Dicela dan Orang Lain Boleh Diberitahu Akan Kecurangannya

Menunda membayar utang bagi orang yang mampu menghalalkan kehormatan (harga diri) dan pemberian hukuman padanya. (HR. Ahmad)
Para ulama mengatakan: Siapa mempunyai piutang berhak untuk mencela atau mensifati dengan buruk kepada orang yang berutang kepadanya. [An Nihayah (3/209)]

Maka orang yang berutang dan dengan sengaja tidak mau membayarnya, boleh dibongkar kejahatannya agar tidak ada korban-korban berikutnya atau mungkin jika ia punya rasa malu ia mau melunasi utang-utangnya.

Semoga Allah menjauhkan kita dari lilitan utang dan diberikan kemudahan dalam membayarnya.

Wallahu A'lam

Topik Menarik