Suhu Panas Rentan Bikin Dehidrasi, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Hidrasi Tubuh

Suhu Panas Rentan Bikin Dehidrasi, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Hidrasi Tubuh

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 12:25
share

MASYARAKAT Indonesia saat ini tengah menghadapi suhu panas ekstrem. Bahkan pekan lalu, tercatat suhu panas mencapai 37 derajat Celcius di Ciputat, Tangerang Selatan, yang disebutkan BMKG menjadi wilayah terpanas.

Beraktivitas di tengah suhu panas ditambah memang sudah masuk musim kemarau ini, memang butuh siasat ekstra agar tak gampang dehidrasi, termasuk soal asupan makanan yang dimakan. Makanan yang tepat, bisa membantu tubuh untuk terhindar dari dehidrasi selama beraktivitas, terutama di luar ruangan.

Apa saja makanan sehat menghidrasi yang sebaiknya dikonsumsi, agar tetap terhidrasi di tengah serangan suhu panas? Berikut paparannya, sebagaimana dilansir Medical News Today dan Healthline, Kamis (27/4/2023).

1. Tomat: Umumnya dijadikan sebagai isian sayur sop, hidangan berkuah, salad, atau dikonsumsi sebagai minuman jus. Buah berwarna merah ini memang baik dimakan memenuhi nutrisi harian. Tomat mengandung kadar air hingga 94,52 persen serta sarat serat, vitamin C dan K, folat, dan potasium. Selain itu, tomat juga punya lycopene, yang membantu mencegah kerusakan sel.

Bosan Makanan Bersantan, Coba Masak Resep Soto Ayam Lamongan yang Gurih Yuk!

2. Mentimun: Bukan hanya untuk masker, timun baik dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh. Sebab mentimun mengandung air 96,73 persen, yang bermanfaat untuk mengembalikan cairan tubuh. Mentimun juga diketahui mengandung nutrisi khusus yang disebut cucurbitacins, beberapa bukti menunjukkan bisa memiliki efek antidiabetes.

9 Cara Mengatasi Hangover Setelah Minum Alkohol

Air mentimun juga bisa jadi minuman musim panas menyegarkan, alternatif pilihan bagi orang yang tidak menyukai rasa air mineral biasa.

3. Selada : Sayuran hijau yang umum dikonsumsi sebagai salad dengan tekstur renyah dan berair ini punya kandungan air hingga 93,47 persen. Tak hanya menghidrasi tubuh, selada romaine adalah sumber vitamin C dan K, folat, vitamin A, dan serat yang baik.

(Foto: WikiHow)

4. Semangka: Buah khas musim panas yang sangat menyegarkan ini memang cocok disantap ketika cuaca sedang panas untuk menghilangkan dahaga. Tak hanya manis dan enak, semangka juga mengandung air sebanyak 92 persen. Per 154 gram semangka diketahui mengandung lebih dari 118 ml air di dalamnya. Buah dengan daging berwarna merah dan kuning ini juga memiliki beberapa serat dan beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

5. Jeruk: Meski ukurannya relatif mungil, salah satu sumber vitamin C ini punya kandungan air dalam jeruk sekitar 88 persen dan ternyata juga kaya antioksidan penangkal penyakit, termasuk flavonoid, yang dapat mencegah kerusakan sel dengan mengurangi peradangan. Cocok sekali bukan disantap sebagai makanan sehat menghadapi serangan suhu panas akhir-akhir ini.

Topik Menarik