Dewa 19 Menduga Ada Penggelapan Royalti, WAMI Diminta Cari Data EO yang Undang Once Mekel

Dewa 19 Menduga Ada Penggelapan Royalti, WAMI Diminta Cari Data EO yang Undang Once Mekel

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 29 Maret 2023 - 07:25
share

JAKARTA - Dewa 19 merupakan salah satu band legendaris di Indonesia yang karyanya cukup banyak dikenal masyarakat. Hampir semua lagu milik Dewa 19 bahkan cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, hal tersebut tak sepenuhnya membuat Dewa 19 bangga. Pasalnya, ada saja oknum yang memakai lagu mereka tanpa izin, untuk menggema di acara-acara besar.

Hal itu membuat Ahmad Dhani, selaku pentolan Dewa 19, mengatakan bahwa pihaknya rugi miliaran rupiah terkait royalti. Bahkan, baru-baru ini ia pun memutuskan untuk kembali bergabung dengan Lembaga Manajemen Kolektif (LM) Wahana Musik Indonesia (WAMI) dan cukup tegas membicarakan soal royalti.

Baru-baru ini, melalui akun officialnya, Dewa 19 tampak mengunggah percakapan grup mereka yang membahas soal royalti. Terutama untuk event organizer yang tak melapor ketika mengundang Once.

Dewa 19

Dalam unggahannya, Dewa 19 meminta tim WAMI untuk mengumpulkan data EO yang mengundang Once Mekel. Nahasnya, diketahui bahwa ada banyak EO yang tak melaporkan hal tersebut pada Dewa 19.

"Tolong siapin data EO yang mengundang Once. Ada gak?," tanya salah satu orang di tim Official Dewa 19.

"Kita lagi cariin, karena banyak yang nggak lapor," jawab seseorang bernama Meidi.

Lewat unggahannya, akun Official Dewa 19 juga turut menandai akun Instagram milik Once Mekel. Bahkan melalui keterangan foto, mereka tampak menyorot soal penggelapan royalti.

"Ternyata banyak yang berniat menggelapkan royalti," tulis akun @officialdewa19.

Sementara itu, para netizen pun ramai membanjiri kolom komentar akun milik Dewa 19. Termasuk menyayangkan sikap admin Official Dewa 19 yang memposting chat grup mereka ke media sosial.

"Setuju sama yang lagi disuarakan pak D, tapi ya gak perlu di post di akun band juga si," kata naufa***.

"Kyknya postingan gini mending di akun pribadi atau bahkan gak perlu diposting sih...ini kan dapur perusahaan yak mending di selesaikan di Backchat aja....," timpal didi***.

"Alangkah lebih baiknya jika jgn di post admin. Tkt tersinggung atau gmn2. Saya masih pingin nonton Once ft dewa19," lanjut rimba***.

Topik Menarik