Gallery Rasullulah Resmi Dibuka, Destinasi Wisata Religi di Masjid Al Jabbar

Gallery Rasullulah Resmi Dibuka, Destinasi Wisata Religi di Masjid Al Jabbar

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 28 Maret 2023 - 06:20
share

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Gallery Rasulullah yang berada di Masjid Al Jabbar, Bandung, pada Senin (27/3/2023).

Ridwan Kamil mengatakan, sejak hari ini hingga beberapa bulan ke depan, masyarakat bisa menikmati konten gallery seharga Rp14,5 miliar tersebut secara cuma-cuma alias gratis.

"Hari Senin ini 27 Maret 2023 (Gallery Rasulullah) secara resmi kami buka. Fasilitas teristimewa Gallery Rasulullah serta sejarah perkembangan Islam di Indonesia dan Jawa Barat sudah bisa dikunjungi masyarakat umum," kata pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Masyarakat yang berminat berkunjung ke Gallery Rasulullah diharuskan mengambil tiket secara online melalui aplikasi Sapawarga milik Pemprov Jabar. "Saat ini tiket masih gratis, belum diberlakukan tarif," kata Kang Emil lagi.

Saat mengunjungi Gallery Rasulullah, para pengunjung akan banyak mendapatkan informasi tentang sejarah Nabi Muhammad SAW. Selain itu, di atas gallery terdapat tempat salat yang luar biasa besar dengan kapasitas 32.000 orang.

"Luas 300 meter persegi. Isinya mulai dari sejarah zaman jahiliyah lahirnya rasul di tahun gajah, kemudian dapat wahyu pertama dan seterusnya sampai haji wadah, wafat, dan Islam berkembang ke seluruh dunia dan masuk ke Nusantara diceritakan dalam gallery," papar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil berharap hadirnya Gallery Rasulullah bisa memberikan manfaat pada pengunjung Masjid Al Jabbar.

Sementara itu, Divisi Seni Budaya Sains Museum Bidang Ekonomi dan Kemandirian Masjid Al Jabbar Benny Bachtiar mengatakan harga tiket Gallery Rasulullah yang akan dikenakan nanti masih dalam tahap koordinasi.

"Masih gratis, bisa satu bulan atau dua bulan ke depan. Sampai kita mencari berapa nilai yang layak untuk ditetapkan agar masyarakat tertarik hadir dan tidak terlalu membebani masyarakat," kata Benny.

Pihaknya berusaha agar harga tiket masuk Gallery Rasulullah tidak melebihi Rp100.000 agar menarik animo masyarakat.

"Kita berupaya di bawah (Rp100.000) agar animo masyarakat tinggi. Apakah memungkinkan atau tidak, kalau bisa Rp50.000, yang penting masyarakat memiliki rasa keinginan untuk ke galeri ini," terangnya.

Kepala Disparbud Jabar itu juga mengungkapkan, dalam hal pemeliharaan dan pengelolaan akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Artinya, nantinya akan ditenderkan agar bisa lebih maksimal.

"Untuk tahun ini, kita anggarkan Rp2,13 miliar untuk maintenance dan pengelolaan. Ini kan tinggi juga untuk pengelolaan sebuah galeri yang notabene apabila tidak dikelola profesional, beban APBD akan berat," bebernya.

Benny mengungkapkan, untuk hari operasional juga diberikan pembatasan. Masyarakat bisa datang pada Rabu-Minggu, sedangkan Senin hingga Selasa dilakukan pemeliharaan. Adapun jam operasional dimulai pukul 13-00 sampai 17.00 WIB.

"Target 120 orang per hari karena ini baru permulaan. Berikutnya akan dievaluasi apakah bisa ditambah atau dikurangi. Ada enam sesi," tandasnya.

(tsa)

Topik Menarik