Pameran Artefak Peninggalan Rasulullah SAW Hadir di Masjid At-Tin, Masyarakat Ikut Haru

Pameran Artefak Peninggalan Rasulullah SAW Hadir di Masjid At-Tin, Masyarakat Ikut Haru

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 27 Maret 2023 - 08:30
share

JAKARTA, celebrities.id - Suasana Masjid Jami At-Tin begitu ramai oleh masyarakat. Mereka datang bukan sekedar untuk menunaikan ibadah salat berjamaah, juga menyaksikan pameran koleksi artefak peninggalan Rasulullah Muhammad SAW.

Salah satu pengunjung, Arfin (23) bersama dengan sahabatnya, Dicky (22) merasa terharu dapat melihat langsung benda-benda artefak peninggalan Rasulullah SAW. Arfin pun mengaku bahagia karena dapat melihat bentuk ekstrak keringat dan tetesan darah bekas bekam milik Rasulullah Muhammad SAW.

"Saat melihat artefak keringat dan darah bekam Rasulullah SAW, berkesan sekali untuk saya. Saya tak kuasa menahan kegembiraan ini," ujar Arfin di lokasi, Minggu (26/3/2023).

Arfin sembari terisak, menuturkan dia bahkan ingin berlaku curang jika menjadi panitia penyelenggara pameran tersebut. Dia mengatakan, jika menjadi panitia, ingin sekali menyentuh keringat dan darah Nabi Muhammad SAW tersebut.

"Karena kan ada suatu riwayat, barang siapa yang bersentuhan dengan kulit Rasulullah, maka diharamkan masuk neraka," ucap Arfin sembari menahan tangis harunya.

"Kalau jadi panitianya, saya mau curang. Saya bakal sentuh langsung darah Rasulullah tersebut," ujar Arfin.

Atas tutur perkataan Arfin yang terharu tersebut, Dicky pun tidak bisa berkata apa-apa lantaran ikut menahan haru seperti sahabatnya.

"Pokoknya kami merasa haru di sini. Setelah melihat artefak ini menjadi tambah kangen ingin bertemu Rasulullah Muhammad SAW. Yang jelas ini bentuk kami bertabarruk sekaligus ngabuburit," tutur Arfin.

Diketahui sebelumnya, Ketua Yayasan Istana Al Quran, Ustadz Lulu Setiaji menjelaskan pameran artefak ini menampilkan 24 item peninggalan Rasulullah beserta keluarganya dan juga peninggalan senjata atau perabotan dari Kesultanan Turki Utsmani.

Lulu pun menuturkan, pameran artefak Rasulullah yang baru pertama kali dihadirkan di Masjid At-Tin ditujukan untuk mengajak umat Muslim lebih mengenal sosok Rasulullah secara nyata.

"Pameran ini ditujukan supaya mengenal Rasulullah lebih dekat melalui benda-benda peninggalannya. Istilahnya kita napak tilas, jadi semakin kita tahu tentang barang-barang peninggalan Rasulullah, tentunya akan menambah keimanan kita kepada Allah SWT," tutur Lulu.

Pameran dibuka sejak 20 Maret 2023 tersebut, cukup dibanjiri pengunjung yang sembari menunggu beduk berbuka puasa Ramadan 1444 Hijriah kali ini.

Topik Menarik