MotoGP Portugal: Bagnaia Juara, Marquez Jatuh

MotoGP Portugal: Bagnaia Juara, Marquez Jatuh

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 23:45
share

AKURAT.CO, Seri pembuka MotoGP 2023 akhirnya menjadi milik juara bertahan dari Ducati, Fransesco Bagnaia. Bagnaia menjadi juara di MotoGP Portugal 2023, Minggu (26/3), dengan sejumlah drama yang menyebabkan tersingkirnya pembalap legendaris Marc Marquez.

Seperti diketahui, seri perdana MotoGP Portugal 2023 digelar di Sirkuti Algarve International Circuit, Portugal dan dimulai pukul 20.00 WIB.

Selepas start, Marc Marquez yang mengawali balapan dari posisi pertama gagal mempertahankan tempatnya dan langsung diambil oleh pembalap tuan rumah, Miguel Oliveira.

Pada posisi kedua dan ketiga, ada dua pembalap Ducati, yaitu Jorge Martin dan sang juara bertahan MotoGP Francesco Bagnaia.

37/37 Full points for @PeccoBagnaia ! #PortugueseGP pic.twitter.com/fXGfnUhaDG

MotoGP (@MotoGP) March 26, 2023

Marquez sendiri melorot ke posisi keempat diikuti oleh pembalap Aprilia, Maverick Vinales, di posisi kelima.

Marc Marquez sendiri kemudian mengalami insiden manakala sempat bersenggolan dengan pembalap Ducati, Jorge Martin, di tikungan ketiga.

Sejurus kemudian, motornya terjatuh di tikungan tiga dan menyenggol Miguel Oliveira yang berada di posisi kedua.

Miguel Oliveira yang tengah berjuang memperebutkan posisi terdepan pun jatuh dan menyebabkan bendera kuning pun berkibar.

Selepas insiden Marc Marquez, posisi depan pun tak banyak berubah dan diisi oleh Francesco Bagnaia (Ducati) dan Maverick Vinales (Aprilia) di posisi pertama dan kedua.

Sementara, posisi ketiga diisi oleh Marco Bezzechi yang membela tim Mooney VR 46 diikuti oleh Alex Marquez dari Gresini Racing dan Jack Miller (KTM).

Hasil MotoGP Portugal 2023

Dalam balapan kali ini, Fabio Quartararo yang membesut Yamaha justru tampil kurang bagus, mengingat terus tertahan di posisi ke-10 balapan pertama seri MotoGP 2023.

Memasuki 8 lap tersisa, Francesco Bagnaia seolah tak terbendung untuk meraih gelar perdana di seri 1 Portimao, Portugal.

Posisi lima besar di depan pun tak berubah karena diisi oleh Maverick Vinales dan Marco Bezzechi di posisi kedua dan ketiga, sedangkan Alex Marquez dan Jack Miller melengkapi lima besar.

Insiden pun kemudian terjadi, ketika pembalap Ducati, Jorge Martin, terjatuh ketika berada di tikungan kedua.

Tentu saja, insiden ini memengaruhi posisi tengah dan kemudian membuat Alex Rins berada di posisi ke-11 MotoGP 2023 seri Portimao, Portugal.

Hingga akhir balapan MotoGP Portugal 2023, Francesco Bagnaia alias Pecco Bagnaia mampu menempati urutan terdepan, diikuti oleh Maverick Vinales, dan Marco Bezzechi di posisi kedua dan ketiga.[]

Hasil MotoGP Portugal 2023

1. Francesco Bagnaia (Ducati)

2. Maverick Vinales (Aprilia)

3. Marco Bezzechi (Mooney VR 46)

4. Alex Marquez (Gresini)

5. Jack Miller (KTM)

6. Brad Binder (KTM)

7. Johann Zarco (Pramac Racing)

8. Aleix Espargaro (Aprilia)

9. Fabio Quartararo (Yamaha)

10. Alex Rins (LCR Honda)

11. Joan Mir (Honda)

12. Takaaki Nakagami (LCR Honda)

13. Augusto Fernandez (GasGas Tech 3)

14. Franco Morbidelli (Yamaha)

Out Raul Fernandez (RNF)

Out Fabio Di Giannantonio (Gresini)

Out Marc Marquez (Honda) Out Miguel Oliveira (RNF)

Out Jorge Martin (Pramac)

Out Luca Marini (Mooney VR 46)

Topik Menarik