4 Fakta Alphard Milik Sri Mulyani Masuk Apron Bandara Soetta

4 Fakta Alphard Milik Sri Mulyani Masuk Apron Bandara Soetta

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 09:15
share

JAKARTA - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kembali menjadi sorotan. Setelah aksi pamer harta pejabatnya, kini Bea Cukai disorot seusai mengawal mobil pribadi, Alphard, masuk sampai apron Bandra Soetta.

Belum diketahui pasti mobil siapa yang dikawal tersebut. Namun, terlihat bahwa mobil tersebut membawa banyak barang.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait mobil pribadi bisa masuk sampai apron bandara, Minggu (26/3/2023).

1. Alphard Masuk sampai Apron Bandara

"Mobil pribadi masuk apron Bandara Soetta, menurukan penumpang langsung dari pesawat lewat tangga ke mobil pribadi Alphard, terus dikawal belakangnya sama mobil Bea Cukai," tulis Petergontha di Instagramnya.

2. Kata Kemenkeu

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis, Yustinus Prastowo, irit penjelasan ketika dikonfirmasi MNC Portal.

Menurutnya, penjelasan terkait hal tersebut sebaiknya datang dari PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II selaku operator pengelola Bandara Soetta. Dugaannya, mobil mewah itu milik pejabat Kementerian Keuangan.

"Sebaiknya ditanyakan ke AP II sebagai otoritas, agar fair dan objektif," ungkap Yustinus.

3. Katanya Mobil Sri Mulyani

Mobil Alphard sakti yang masuk ke dalam apron Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) diduga milik Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto mobil mewah itu viral lantaran mendapat pengawalan dari petugas Bea Cukai.

Kepemilikan mobil mewah itu dikonfirmasi oleh mantan Komisaris PT Garuda Indonesia Tbk Peter Gontha. Dia mengeklaim mendapat pesan via WhatsApp soal pemilik Alphard tersebut.

Peter mengunggah sebuah gambar di sosial media miliknya yang menggambarkan satu buah Alphard yang tengah parkir di Apron Bandara Soetta.

Di belakang Alphard, terlihat sebuah mobil dari petugas Bea Cukai yang tampak mengawal keberadaan rombongan dan diduga berasal dari Kementerian Keuangan.

"Kemarin waktu saya posting mengenai mobil pejabat negara yang masuk ke Apron Bandara Soetta, saya tidak tau kalau itu mobil SMI. Pagi ini 8 pesan WhatsApp masuk ke HP saya dan menginformasikan bahwa itu seorang menteri, ditambah foto, mengatakan bahwa itu adalah Ibu Sri Mulyani," ungkap Peter.

4. Salah Besar

Pengamat penerbangan Alvin Lie mengatakan, kawasan airside bandara (operasi udara) sebenarnya memiliki peraturan yang ketat.

Hanya orang yang memiliki sertifikasi dan mendapat izin khusus yang bisa masuk ke kawasan tersebut.

"Untuk sisi udara ini sangat ketat peraturannya, hanya orang-orang yang memiliki sertifikat sudah terlatih dan mendapatkan sertifikasi dan izin yang boleh masuk ke airside," ungkap Alvin saat dihubungi, Sabtu (25/3/2023).

Lantaran ketat, tidak semua orang diperbolehkan masuk ke dalam airside. Alvin mengatakan tamu khusus pun harus didampingi oleh petugas keamanan bandara dengan sejumlah protokol keselamatan.

Topik Menarik