6 Arti Warna Cairan Lendir Hidung, Beda Penyebabnya!

6 Arti Warna Cairan Lendir Hidung, Beda Penyebabnya!

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 08:05
share

KETIKA sakit flu alias influenza, biasanya kita terganggu dengan ingus yang menyumbat pernapasan dan membuat tak nyaman.

Ingus sendiri merupakan lendir atau cairan yang dihasilkan oleh kelenjar mukosa yangmelapisi saluran pernapasan. Ingus saat flu tidak semuanya sama, karena bisa keluar dengan warna lendir dan tekstur yang berbeda, tergantung dari tingkat keparahan flu seseorang.

Beda warna lendir ingus, beda pula masalah kesehatan yang jadi penyebabnya karena bisa karena alergi atau bahkan infeksi. Mengutip Cleveland Clinic, disampaikan Dr. Raj Sindwaniwarna, lendir hidung ini bisa menjadi indikator kesehatan seseorang loh!

"Jika ingus berubah warna, Anda perlu melihat apa yang sedang terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari alergi hingga infeksi," kata Dr. Raj.

Kenali perubahan warna lendir ingus yang patut diwaspdai dan masalah kesehatan yang menyertainya, sebagaimana dilansir New York Post, Minggu (26/3/2023).

1.Bening: Ingus yang berwarna bening dinilai tidak mengindikasi masalah kesehatan tertentu. Biasanya, lendir ini mengalir kembali ke tenggorokan dan larut dengan aman di perut. Hal ini pertanda bahwa ada peningkatan produksi lendir.

2.Putih: Warna ini disebut sebagai tanda infeksi sinus atau pilek di mana hidung tersumbat dan bengkak. Peradangan jaringan memperlambat aliran lendir, menghasilkan konsistensi yang lebih tebal dan lebih keruh. Namun, secara umum, lendir ingus berwarna putih masih dinilai normal.

3.Kuning: Lendir ingus yang berubah warna jadi warna kekuningan ini, diketahui jadi tanda bahwa pilek atau infeksi lainnya semakin parah. Sel-sel yang melawan infeksi, termasuk sel darah putih akan mendekati sumber infeksi tersebut.

Sel-sel imun yang kalah ini akan terbawa bersama ingus, sehingga bisa mengubah warnanya dari putih menjadi kuning kehijauan.

4. Hijau: Saat lendir ingus sudah berubah menjadi hijau, ini seringkali disebabkan oleh sel darah putih yang mati dan mengental. Jika sakit sudah berlangsung lebih dari 10 sampai 12 hari, dianjurkan untuk periksa ke dokter untuk diberi antibiotik infeksi bakteri sinus.

Menurut Dr. Raj, ini bisa juga dipicu karena sinusitis kronis, kondisi peradangan jangka panjang, saat seseorang mengalami beberapa gejala sinusitis selama berbulan-bulan.

5. Merah muda atau merah tua: Ini adalah tanda pendarahan, jaringan hidung bisa rusak karena terlalu kering, iritasi atau terkena benturan. Warna merah tua bisa jadi mimisan yang berhubungan dengan trauma, atau mungkin juga infeksi.

Namun, tak perlu takut berlebihan karenan beberapa titik darah atau lendir berwarna merah muda mungkin bukan masalah besar, bisa jadi hanya karena kerusakan atau iritasi pada lapisan.

6. Hitam: Disebut jadi tingkatan yang paling parah, kemungkinan besar penyebab lendir berwarna hitam adalah terjadinya infeksi jamur serius. "Jika ingus Anda berwarna hitam, kemungkinan sudah menghirup sesuatu seperti serpihan dan terkumpul di lendir hidung," ujar dr. Raj. Jika warnanya sudah hitam, segera periksa ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Topik Menarik