10 Masjid Terunik di Jawa Timur, Cocok untuk Wisata Religi saat Ramadan

10 Masjid Terunik di Jawa Timur, Cocok untuk Wisata Religi saat Ramadan

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 26 Maret 2023 - 07:55
share

MENGULAS 10 masjid terunik di Jawa Timur yang cocok jadi tempat wisata religi atau ziarah saat bulan suci Ramadan. Masjid-masjid ini punya arsitektur unik dan beberapa menyimpan sejarah menarik.

Jawa Timur sebagai provinsi mayoritas Muslim memiliki banyak sekali masjid-masjid bersejarah dan unik. Di antara masjid tersebut sudah dijadikan sebagai wisata religi , selain fungsinya sebagai tempat ibadah.

Bukan hanya karena arsitekturnya, melainkan sejarah berdirinya bangunan tersebut juga ikut jadi sorotan pengunjung.

Semarak Ramadhan, Ini 5 Masjid di Jakarta yang Sediakan Takjil Gratis!

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini 10 masjid terunik di Jawa Timur.

1. Masjid Ar Rahman

Ada Masjid Ar Rahman, bangunan satu ini cukup unik karena berbentuk Kapal Pesiar. Dibangun pada tahun 2016 berukuran 45 x 25 meter. Ketika Anda memasukinya, seperti serasa di dalam kapal.

Di bagian lantai bawah masjid ini dijadikan sebagai asrama putri. Sementara di lantai dua atau dek kapal, terdapat ruangan untuk sholat. Sehingga antara tempat ibadah dan kegiatan masjid lainnya ruangannya terpisah.

Ilustrasi

Masjid Ar Rahman di Mojokerto (NU Online Mojokerto)

Menariknya lagi, pagar masjid ini dikelilingi pelampung asli, seperti di kapal pada umumnya. Lokasi Masjid Ar Rahman berada di di Dusun Belor, Desa Kembangbelor, Pacet, Mojokerto masih satu wilayah dengan Villa Durian Doa Yatim Sejatera.

11 Tempat Ngabuburit Asyik di Surabaya, Budget Friendly Bisa Sambil Berwisata Religi

2. Masjid Jami Al Baitul Amien Jember

Berlokasi di Jalan Sultan Agung, Tegal Rejo, Jemberlor, Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Masjid Jami\' Al Baitul Amien Jember ini menjadi salah satu masjid tertua di di Jawa Timur karena sudah ada sejak masa penjajahan Belanda. Tepatnya dibangun pada 19 Desember 1894.

Meskipun sudah direnovasi hingga berulang kali, namun bangunan masjid satu ini tetap mempertahankan arsitektur khas Belanda modern.

3. Masjid Tiban Turen Malang

Masjid unik di Jawa Timur selanjutnya adalah Masjid Tiban Turen Malang. Arsitektur masjid ini memiliki ciri khas ala Timur Tengah, karena terdapat menara-menara yang menjulang tinggi, dan juga kuba warna warni.

6 Destinasi Wisata Religi di Yogyakarta, Wajib Dikunjungi Saat Liburan!

Uniknya lagi, di lorong masjid ini diisi dengan akuarium dengan berbagai jenis ikan di dalamnya. Tak hanya itu saja, lorongnya mirip seperti goa dengan stalaktit dan stalakmit di bagian atapnya. Sehingga membuat masjid ini kian menarik karena berbeda degan yang lainnya.

Ilustrasi

Masjid Tiban Turen. (Youtube)

Lokasi Masjid Tiban Turen ini ada di Jalan Wakhid Hasyim, Gang Anggur, Desan Sananrejo, Kecamatan, Turen, Kabupaten, Malang. Oh iya, konon masjid ini dulunya dibangun dengan bantuan jin, lho.

4. Masjid Aschabul Kahfi Tuban

Seperti namanya, masjid ini terinspirasi dari kisah-kisah Ashabul Kahfi yang tertidur selama berabad-abad di dalam gua yang tersembunyi. Di mana letaknya berada di dalam gua dulunya terbengkalai, lalu dibangun jadi tempat ibadah.

Meskipun di dalam gua, namun Masjid Masjid Aschabul Kahfi ini dibangun dengan nuansa artistik, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat, termasuk wisatawan yang datang ke kota ini. Lokasinya ada di Jalan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur.

5. Masjid Agung Sumenep

Lalu ada Masjid Agung Sumenep memiliki interior dan eksterior masjid unik dan juga menarik. Di mana bangunan ini merupakan campuran gaya, yakni dipengaruhi gaya kebudayaan Tiongkok, Eropa, Jawa dan Madura.

Masjid Agung Sumenep dibangun pada 1779 hingga 1787 menjadi salah satu Landmark di Madura. Masjid ini juga punya ciri khas selain bangunannya sangat megah warnanya didominasi dengan warna putih dan kuning.

6. Masjid Cheng Ho Surabaya

Arsitektur bangunan masjid ini mirip dengan klenteng, serta dipenuhi dengan nuansa warna merah. Sehingga sangat kental akan nuansa Tionghoanya, karena dibangun oleh bangsa tersebut.

Kemudian atap masjid ini berbentuk persegi delapan, seperti sarang laba-laba. Dalam kepercayaan orang Tionghoa angka 8 dianggap senbagai simbol keberuntungan. Lalu untuk sarang laba-labanya sendiri jadi penyelamat Nabi Muhammad SAW dari kejaran kaum Quraisy.

Masjid Cheng Ho ini berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya.

Ilustrasi

Masjid Cheng Ho Surabaya (Wego)

7. Masjid Ar Rahman Blitar

Masjid Ar Rahman ini berlokasi di Jalan Ciliwung, Bendo, Kepanjenkidul, Kota Blitar, Jawa Timur. Dibangun dengan konsep arsitektur Utsmaniyah Mamluk . Sehingga menjadikan nuansa di masjid ini seperti beraft di Masjid Nabawi, Madinah.

Jelang Ramadan, Makam Ulama Besar Kiai Sholeh Darat Direnovasi untuk Wisata Religi

Ciri khas dari masjid ini adalah menggunakan arsitektur kontemporer klasik. Terlihat dari pilar-pilarnya yang melengkung dengan motif perpaduan hitam dan juga putih.

8. Masjid Namira Lamongan

Masjid Namira ini terkenal dengan kemewahan dan kemegahannya, dan disebut-sebut mirip dengan hotel bintang lima. Arsitekturnya modern dan juga kental dengan suasana megah, menjadikan bangunan ini terlihat sangat Menarik.

Lokasi masjid Namira ini berada di Jalan Raya Mantup, Kabupaten Lamongan. Kemudian di dalamnya terdapat kiswah Kakbah yang diletakkan langsung di temt imam. Sehingga adanya kiswah inj jadi daya tarik tersendiri bagi masjid ini tersebut.

9. Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Masjid Nasional Al Akbar merupakan salah satu masjid terindah di Jawa Timur, serta jadi bangunan masjid terbesar di Indonesia. Lokasinya ada di Jalan Masjid Al-AkbarTimur Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Masjid ini terlihat sangat indah dengan kubah yang berwarna biru terlihat dari kejahuan. Kemudian memiliki 45 pintu dengan jumlah 90 daun pintu yang terbuat dari kayu jati dengan ukiran kaligrafi.

Keindahan pada masjid ini juga bisa dilihat pada menara dengan ketinggian 99 meter yang terinspirasi dari Asmaul Husna.

Ilustrasi

10. Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban jadi salah satu masjid terindah dan menarik di Jawa Timur. Arsitekturnya yang indah membuat bangunan di layak mendapatkan penghargaan. Lokasinya ada di Jalan Masjid Al-Akbar Timur, Pagesangan, Jambangan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Dibangun pada 1894 silam. Dalam perjalanan waktunya, masjid ini beberapa direnovasi menjadi masjid yang sangat indah dan megah. Perpaduan gaya arsitektur masjid dari unsur Timur Tengah, India, dan Eropa, sekarang menjadi kebanggaan masyarakat Tuban.

Topik Menarik