Daftar Atlet Bulu Tangkis Terkaya di Indonesia, Kekayaan Capai Miliaran Rupiah

Daftar Atlet Bulu Tangkis Terkaya di Indonesia, Kekayaan Capai Miliaran Rupiah

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 22 Maret 2023 - 09:28
share

JAKARTA, iNews.id - Beberapa atlet Indonesia kerap mengukir prestasi di kancah global dan mendominasi ranking BWF. Itu mengapa beberapa di antaranya menjadi atlet bulu tangkis terkaya di Indonesia.

Sebut saja pasangan ganda putra saat ini Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan, Fajar Alfian dan Rian Ardianto yang sering mengharumkan nama bangsa. Selain itu, juga ada pemain bulu tangkis tunggal putra seperti Jonatan Cristie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Berikut daftar atlet bulu tangkis terkaya di Indonesia, yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kevin Sanjaya Sukamuljo

Atlet kelahiran 2 Agustus 1995 ini dikenal sebagai atlet ganda putra terbaik di Indonesia, bahkan di dunia. Kevin diperkirakan memiliki kekayaan sekitar Rp13 miliar, di luar uang bonus yang diterimanya.

Dia juga sempat menjadi brand ambassador dari sejumlah merek di Indonesia. Kevin kini juga terjun ke bisnis kuliner, di mana dia didapuk menjadi komisaris Tasa Group, yang salah satu bisnisnya adalah restoran Rumu Japanese Grill.

2. Marcus Fernaldi Gideon

Marcus Fernaldi Gideon atau Marcus Gideon sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo di ganda putra inimeraih banyak penghargaan dan medali emas di sejumlah ajang pertandingan bulu tangkis, baik di dalam maupun luar negeri, di antaranya BWF Grand Prix, BWF World Tour, dan BWF Superseries.

Dari kesuksesannya sebagai pemain ganda putra, Marcus diperkirakan mendapatkan penghasilan bersih lebih dari Rp13 miliar. Selain menjadi atlet, dia juga memiliki akademi bulu tangkis bernama Gideon Badminton Academy dan memiliki gelanggang olahraga bulu tangkis GOR Gideon Badminton Hall.

3. Hendra Setiawan

Atlet kelahiran Pemalang pada 25 Agustus 1984 ini merupakan atlet bulu tangkis tertua di Indonesia. Dia mengawali kariernya bersama Markis Kido.

Atlet yang dijuluki Dewa ini pernah menduduki peringkat pertama dunia IBF untuk ganda putra. Selama menjadi atlet profesional, Hendra yang kini berpasangan dengan Mohammad Ahsan mendapatkan kekayaan sekitar Rp10 miliar, di luar bonus yang diterimanya.

4. Mohammad Ahsan

Mohammad dan Ahsan juga merupakan atlet terkaya di bidang bulu tangkis. Ahsan bersama Hendra meraih tiga kali World Champions pada 2013,2015, dan 2019.

Atlet kelahiran 9 Juli 1987, yang dijuluki the daddies bersama dengan hendra ini mengantongi penghasilan sebesar Rp8 miliar dari kariernya sebagai atlet.

5. Jonatan Christie

Jonatan Christie atau yang biasa dipanggil Jojo merupakan salah satu atlet bulu tangkis tunggal putra kebanggan Indonesia. Atlet kelahiran 15 September 1997 ini telah mengukir banyak prestasi.

Dari banyaknya pertandingan yang diikuti, dia diperkirakan mendapatkan uang sekitar Rp3,9 miliar. Uang tersebut di luar bonus yang didapatnya. Dia pun pernah mendapatkan bonus dari Menpora sebesar Rp10 miliar.

Selain menjadi atlet, Jonatan juga memiliki bisnis di bidang clothing line . Dia juga pernah membintangi sejumlah iklan di dalam negeri.

6. Anthony Sinisuka Ginting

Pebulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting juga menjadi atlet bulu tangkis tunggal putra andalan Indonesia. Ginting berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah dari profesinya sebagai atlet sebanyak lebih dari Rp6 miliar.

Selain menjadi atlet, dia sempat didapuk sebagai brand ambassador dari berbagai produk Indonesia.

7. Apriani Rahayu

Apriani Rahayu berhasil mengumpulkan pundi-pundi rupiah berkat kariernya yang cemerlang di dunia bulu tangkis sebanyak lebih dari Rp3 miliar. Sejak dipasangkan dengan Greysia Polii, kariernya melesat.

Bahkan bersama dengan seniornya yang kini telah pensiun tersebut, Apriyani berhasil mengukir sejarah di Olimpiade Tokyo pada 2020 lalu. Kini Apri yang berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti itu tetap menjadi andalan Indonesia di sektor ganda putri.

Demikian daftar atlet bulu tangkis terkaya di Indonesia. Selain dari bulu tangkis, penghasilannya juga didapat dari bisnis hingga iklan.

Original Source
Topik Menarik