Masjid Raya Karya Ridwan Kamil Diresmikan, Jadi Landmark Baru Jawa Timur

Masjid Raya Karya Ridwan Kamil Diresmikan, Jadi Landmark Baru Jawa Timur

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 19 Maret 2023 - 08:01
share

SURABAYA, celebrities.id - Kehadiran Masjid Raya Islamic Centre karya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi landmark baru bagi Jawa Timur.

Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Sabtu (18/3/2023) bertepatan dengan peringatan Hari Arsitektur Indonesia.

Khofifah mengatakan, selama ini Jawa Timur belum memiliki masjid raya atau masjid provinsi. Yang sudah ada hanya masjid di belakang Islamic Centre Jawa Timur. Itu pun dinilai kurang representatif. Sebab, ukurannya kecil.

"Provinsi Jawa Timur secara kualifikasi ternyata memang belum memiliki masjid. Ada di belakang (Islamic Centre Jawa Timur). Tapi, saya dari dulu bilang itu masjid serasa musala," katanya.

Untuk itu, ketika melaksanakan kunjungan kerja ke Jawa Barat dua tahun lalu, Khofifah secara khusus meminta Ridwan Kamil membuat desain untuk Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur.

"Kami terimakasih kepada Kang Emil, Pak Ridwan Kamil, yang membantu mendesain," ujar Khofifah melalui tayangan video.

Meski masih ada beberapa bagian yang harus disempurnakan, Masjid Raya Islamic Centre Jawa Timur sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Masjid ini pada dasarnya sudah siap digunakan," imbuh Khofifah.

Senada dengan Khofifah, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jawa Timur Adhy Karyono menyampaikan, masih ada beberapa bagian di masjid tersebut yang harus disempurnakan. Namun, secara umum masjid itu sudah bisa dipakai.

"Desain bangunan ini berkonsep arsitektur hijau. Yang diciptakan, didesain oleh arsitek yaitu Pak Ridwan Kamil. Bangunan masjid ini juga anti mainstream," katanya.

Dia menjelaskan, masjid tersebut memiliki desain fasad yang filosofis. "Pertama bentuk fasad miring membuka ke atas merupakan perumpamaan tangan yang terbuka, menengadah, memanjatkan doa," jelas dia.

"Kemudian bidang fasad kotak-kotak representasi dari kebersamaan dan keberagaman. Di sisi lain secara teknis gedung ini dirancang untuk lebih menghemat listrik," bebernya.

Dengan kelebihan-kelebihan itu, Adhy menyatakan bahwa bangunan tersebut menjadi landmark baru Jawa Timur.

"Menjadi bangunan ikonik baru dan landmark yang baru yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Timur. Dan diharapkan juga bisa menjadi destinasi baru bagi wisata religi di Jawa Timur," kata dia.

Topik Menarik