Loading...
Loading…
20 Bandara Terbaik di Dunia, 4 Teratas Ada di Asia

20 Bandara Terbaik di Dunia, 4 Teratas Ada di Asia

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 19 Maret 2023 - 06:44

LONDON, iNews.id - Perusahaan riset transportasi udara Skytrax mengumumkan daftar bandara terbaik di dunia 2023. Bandara Changi Singapura berhasil merebut posisi teratas dalam daftar tahunan bandara terbaik dunia versi Skytrax.

Skytrax yang berbasis di Inggris, menyusun daftar tersebut dengan melakukan survei terhadap wisatawan di seluruh dunia dan meminta mereka menilai seluruh pengalamannya di bandara yang pernah didatangi, mulai dari check-in hingga keberangkatan dan sebagainya.

Bandara Changi yang tahun ini kembali berada di peringkat pertama, sebelumnya selama delapan tahun beruntun sejak 2013-2020 menempati puncak daftar Skytrax. Namun pada dua tahun terakhir, yakni 2021 dan 2022 turun beberapa peringkat seiring dengan menurunnya jumlah penumpang selama pandemi Covid-19, digeser Bandara Internasional Hamad di Doha, Qatar dan Bandara Haneda Tokyo, Jepang.

Bandara Changi Singapura selalu menjadi favorit para pelancong, namun merosot selama Covid-19 ketika operasional dikurangi secara drastis, kata Peter Miller dari Skytrax, dikutip dari CNN Travel , Minggu (19/3/2023).

Dia mengatakan, Bandara Changi menawarkan sesuatu untuk semua orang, dan itu menjadi pendorong utama popularitasnya yang berkelanjutan. Beberapa daya tarik Changi, meliputi air terjun dalam ruangan setinggi 40 meter, taman kupu-kupu, bioskop IMAX, hingga ada lebih dari 280 gerai ritel dan makan.

Singapura Changi pada dasarnya adalah bandara transit, dan dari umpan balik pelanggan, bandara ini berkinerja baik karena menawarkan berbagai macam fasilitas dan fasilitas untuk semua jenis pelanggan, seperti keluarga, pelancong bisnis, dan rekreasi semuanya dilayani dengan baik, tutur Miller.

Sementara Bandara Internasional Hamad, yang tahun ini menempati posisi kedua dalam daftar Skytrax, juga menawarkan fasilitas yang dirancang untuk pelancong transit, seperti tur kota bagi mereka yang menghabiskan lebih dari delapan jam menunggu penerbangan lanjutan. Sedangkan di posisi ketiga hingga kelima, yakni Bandara Internasional Tokyo, yang dikenal sebagai Haneda (Jepang), Bandara Internasional Incheon (Korea Selatan), dan Bandara Charles de Gaulle Paris (Prancis).

Adapun Skytrax juga membagikan penghargaan lainnya, termasuk hadiah regional, dengan Bandara Changi meraih penghargaan sebagai Bandara Terbaik di Asia, serta memenangkan Tempat Makan Bandara Terbaik Dunia dan Fasilitas Kenyamanan Bandara Terbaik Dunia.

Hotel di Changi, Crowne Plaza Changi Airport yang mewah, dinobatkan sebagai Hotel Bandara Terbaik Dunia selama delapan tahun berturut-turut.

Sementara itu, peringkat kedua Bandara Internasional Hamad juga meraih Bandara Terbaik di Dunia untuk Belanja, Bandara Terbaik di Timur Tengah dan Bandara Terbersih di Timur Tengah. Sedangkan Bandara Tokyo Haneda dinobatkan sebagai bandara terbersih secara keseluruhan.

Bandara Internasional Bahrain memenangkan Pengiriman Bagasi Bandara Terbaik Dunia dan Bandara Incheon menjadi Bandara dengan Staf dan Pemrosesan Imigrasi Terbaik.

Adapun Bandara New York LaGuardia yang telah direhabilitasi dengan Terminal B barunya dianugerahi Terminal Bandara Baru Terbaik Dunia. Bandara Internasional Seattle-Tacoma adalah bandara AS dengan peringkat tertinggi, berada di urutan 18 dalam daftar Skytrax dan dianugerahi Bandara Terbaik di Amerika Utara.

Bandara Internasional Cape Town adalah bandara terbaik di Afrika, Bandara Delhi adalah bandara terbaik di India dan Asia Selatan, dan Bandara Internasional El Dorado Bogota memenangkan penghargaan Bandara Terbaik di Amerika Selatan.

Tim Skytrax pada tahu ini memberikan kategori baru untuk keindahan seni di bandara, di mana The Houston Airport System, yang menawarkan salah satu koleksi seni publik terbesar di negara bagian Texas, memenangkan penghargaan ini atas nama Bandara William P. Hobby dan Bandara George Bush Intercontinental Houston.

Berikut 20 bandara terbaik di dunia 2023 versi Skytrax:

1. Bandara Changi Singapura, Singapura
2. Bandara Internasional Hamad, Qatar
3. Bandara Internasional Tokyo (Haneda), Jepang
4. Bandara Internasional Incheon, Korea Selatan
5. Bandara Paris Charles de Gaulle, Prancis
6. Bandara Istanbul, Turki
7. Bandara Munich, Jerman
8. Bandara Zrich, Swiss
9. Bandara Internasional Narita, Jepang
10. Bandara Madrid-Barajas, Spanyol
11. Bandara Internasional Wina, Austria
12. Bandara Helsinki-Vantaa, Finlandia
13. Bandara Roma Fiumicino, Italia
14. Bandara Kopenhagen, Denmark
15. Bandara Internasional Kansai, Jepang
16. Bandara Internasional Chubu Centrair, Jepang
17. Bandara Internasional Dubai, UEA
18. Bandara Internasional Seattle-Tacoma, AS
19. Bandara Melbourne, Australia
20. Bandara Internasional Vancouver, Kanada

Original Source

Topik Menarik