Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia, Ormas Islam Menolak Alasannya ini

Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia, Ormas Islam Menolak Alasannya ini

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 18 Maret 2023 - 20:50
share

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Ormas Islam menolak Timnas Israel ikut Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni 2023. Terungkap dari hasil silaturahmi Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan ormas Islam di Kantor MUI Pusat, Jakarta, Jumat (17/3/2023).

Dalam pertemuan itu ormas Islam menyampaikan pandangan, sikap, dan saran-saran secara terbuka, rasional, tenang, dan elegan terkait dengan ikutnya Timnas Israel Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Semua ormas Islam yang hadir menyatakan sikap menolak kehadiran Timnas Israel," kata Ketua MUI Sudarnoto Abdul Hakim, Sabtu (18/3/2023).

Sesuai Amanah Konstitusi

Secara umum, dia menjelaskan, alasan utama atau dasar berpijak penolakan ini adalah, pertama, amanah konstitusi yang tertuang di dalam Pembukaan UUD 1945 bahwa segala bentuk penjajahan di muka bumi harus dihapuskan. Zionis Israel adalah penjahat dan penjajah, kata dia.

Kedua, Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel dan tidak akan pernah membuka hubungan diplomatik sepanjang Palestina masih dijajah.

Ketiga, memperkuat solidaritas kepada rakyat dan bangsa Palestina yang selama ini telah menjadi korban dari agresi, aneksasi, genosida dan politik apartheid Israel.

Keempat, persatuan dan kesatuan bangsa harus dirawat, diperkuat dan dilindungi dari ancaman disintegrasi yang diakibatkan oleh kontroversi dan pro-kontra yang dibiarkan seputar Timnas Israel.

Semua yang disampaikan Ormas-ormas Islam adalah merupakan bagian komitmen kebangsaan dan kemanusiaan umat Islam yang diniatkan untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada pemerintah untuk menjaga muruah bangsa dan negara kesatuan RI.

"Bahkan dukungan dan dorongan ini sudah muncul atau disampaikan oleh elemen masyarakat internasional," ujar dia. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul Semua Ormas Islam Tolak Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20, Ini Alasannya , Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/semua-ormas-islam-tolak-timnas-israel-ikut-piala-dunia-u-20-ini-alasannya/all .

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Topik Menarik