Cinta Laura Angkat Bicara soal Masuk Sekolah Jam 5 Pagi : Kurang Tidur dan Stres

Cinta Laura Angkat Bicara soal Masuk Sekolah Jam 5 Pagi : Kurang Tidur dan Stres

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 2 Maret 2023 - 16:50
share

JAKARTA, celebrities.id - Aturan sekolah jam 5 pagi di NTT menuai pro-kontra masyarakat, salah satunya artis Cinta Laura. Dia menyoroti kebijakan ini bukanlah solusi tepat.

Dalam cuitannya dia berkomentar anak sekolah masuk jam 5 pagi bisa memicu stres dan kurang tidur. Bahkan, wanita blasteran Jerman ini juga mengingatkan dampak bagi anak, yaitu mengurangi konsentrasi untuk belajar.

"Jika motivasinya adalah meningkatkan kualitas pendidikan, memulai sekolah jam 5 pagi bukanlah solusinya," tulis Cinta Laura dikutip dari Twitternya, Kamis (2/3/2023).

"Kurang tidur, stres yang meningkat dan berbagai faktor-faktor lain akan mengurangi level konsentrasi dan kapabilitas anak untuk belajar dengan baik dan efisien," katanya.

Laporan Healthline, belajar terlalu pagi mengganggu mental, proses pengambilan keputusan tertunda dan terganggu, perhatian dipersingkat, dan fungsi memori menurun. Efeknya bisa lebih dari penyimpangan memori juga.

"Anak-anak yang kurang tidur memiliki lebih banyak masalah perilaku, lebih banyak masalah akademis, lebih banyak masalah kesehatan, lebih banyak perilaku berisiko, dan lebih banyak masalah terkait kecemasan dan suasana hati," kata asisten profesor di Yale School of Medicine dan direktur perilaku program tidur di Connecticut Children's Medical Center, Lynelle Schneeberg, PsyD.

Sebelumnya, isu mencuat bermula dari Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, merencanakan anak sekolah masuk jam 5 pagi. Menurutnya hanya diterapkan di beberapa sekolah saja.

"Secara serius saya menanggapi pernyataan ketua Sinode tentang sekolah jam 5 pagi. Kita perlu tidak semua sekolahan. Kita perlu dua sekolah. Dua sekolah itu sekolah unggul," kata Victor sebagaimana dikutip dari akun Instagramnya.

Topik Menarik