Ini Penampakan Akibat Kedahsyatan Gempa Turki M 7,8, Gedung-Gedung Megah Rata dengan Tanah

Ini Penampakan Akibat Kedahsyatan Gempa Turki M 7,8, Gedung-Gedung Megah Rata dengan Tanah

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 7 Februari 2023 - 12:30
share

ANKARA, iNewsCiamisRaya.id Gempa bumi pada Senin, (6/2/2023) dengan kekuatan magnitudo 7,8 mengguncang Turki dekat perbatasan Suriah. Akibat gempa tersebut banyak menyebabkan kerusakan dahsyat serta menyebabkan ribuan korban tewas dan terluka.

Kedahsyatan gempa Turki membuat ratusan gedung runtuh rata dengan tanah menutup para korban di bawah puing-puing. Hingga saat ini masih berlangsung proses pencarian korban di Turki dan Suriah.

Betapa dahsyat kerusakan yang diakibatkan gempa di area dekat episentrum, Kota Iskenderun dan Gaziantep ini terlihat pada foto-foto berikut yang menunjukan keadaan sebelum dan sesudah terjadinya gempa bumi.

Bangunan yang runtuh di GaziantepTurki. Foto: Google, Getty

Pertokoan dan rumah-rumah hancur, dan memenuhi jalanan di sekitarnya dengan reruntuhan dan debu tebal.


Bangunan yang runtuh di Kota Iskenderun Turki. Foto: Google, Getty

Sementara di Suriah, kerusakan akibat gempa tergambar dalam foto udara ini:


Bangunan di dekat Aribia, Suriah, hancur karena gempa Turki. Foto: Google, Getty

Gempa dengan kekuatan M 7,8 terjadi pada Senin pagi waktu setempat ketika banyak orang masih tidur. Setelah itu, belasan gempa susulan masih dirasakan warga selama berjam-jam. Getaran gempa yang berpusat di dekat Gaziantep itu dirasakan jutaan orang di seluruh Turki, Suriah, Lebanon, Siprus, dan Israel.

Sejumlah ahli meyakini ini mungkin gempa terbesar yang pernah dialami Turki dalam sejarah.

Tim penyelamat berlomba dengan waktu untuk menyelamatkan orang-orang yang terperangkap di bawah reruntuhan bangunan di kedua negara.

Menurut laporan terbaru, jumlah korban tewas akibat gempa mencapai lebih dari 3.000 jiwa, dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan jumlah itu bisa bertambah delapan kali lipat.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Foto-Foto Tunjukkan Dahsyatnya Gempa M 7,8 di Turki dan Suriah, Gedung Tinggi Rata dengan Tanah

Topik Menarik