Seperti Kiamat, Gempa Dahsyat Hantam Turki dan Suriah, Sekitar 1.700 Orang Dilaporkan Meninggal

Seperti Kiamat, Gempa Dahsyat Hantam Turki dan Suriah, Sekitar 1.700 Orang Dilaporkan Meninggal

Berita Utama | beritabaru.co | Senin, 6 Februari 2023 - 22:05
share

Berita Baru, Damaskus Seperti kiamat, gempa dahsyat hantam Turki dan Suriah hingga sekitar 1.700 orang dilaporkan meninggal dunia dan melukai ribuan orang lainnya di Turki tengah dan barat laut Suria, Senin (15/2).

Gempa itu juga meratakan blok-blok apartemen dan menumpuk lebih banyak kehancuran di kota-kota Suriah yang telah hancur akibat perang bertahun-tahun.

Di kota Jandaris yang dikuasai pemberontak Suriah di provinsi Aleppo, gundukan beton, batang baja, dan buntelan pakaian tergeletak di tempat bangunan bertingkat dulu berdiri.

Ada 12 keluarga di bawah sana. Tidak ada satu pun yang keluar. Tidak ada satu pun, kata seorang pemuda kurus, matanya melotot kaget dan tangannya diperban, dikutip dari Reuters .

Gempa berkekuatan 7,8 SR, yang melanda sebelum matahari terbit dalam cuaca musim dingin yang pahit, adalah yang terburuk yang melanda Turki abad ini. Disusul pada sore hari oleh gempa besar lainnya dengan magnitudo 7,7.

Tidak segera jelas berapa banyak kerusakan yang telah dilakukan oleh gempa kedua, yang seperti yang pertama dirasakan di seluruh wilayah dan penyelamat yang terancam berjuang untuk menarik korban dari puing-puing, sering kali menggunakan tangan kosong untuk memindahkan batu.

Kami terguncang seperti buaian. Kami sembilan orang di rumah. Dua anak laki-laki saya masih tertimbun reruntuhan, saya menunggu mereka, kata seorang wanita dengan lengan patah dan luka di wajahnya, berbicara dalam bahasa Inggris di dalam ambulans di dekat reruntuhan blok tujuh lantai tempat dia tinggal Diyarbakir di tenggara Turki.

Di Turki, jumlah korban tewas mencapai 1.014 orang, kata kepala badan bencana.

Presiden Tayyip Erdogan mengatakan 5.383 telah terluka tetapi dia tidak dapat memprediksi berapa banyak jumlah korban tewas akan meningkat karena upaya pencarian dan penyelamatan terus berlanjut. Dia menambahkan bahwa 2.818 bangunan telah runtuh.

Setiap orang berusaha sepenuh hati meskipun musim dingin, cuaca dingin dan gempa bumi yang terjadi pada malam hari membuat segalanya menjadi lebih sulit, katanya.

Tayangan langsung dari penyiar negara Turki TRT menunjukkan sebuah bangunan runtuh di provinsi selatan Adana setelah gempa kedua. Tidak segera jelas apakah itu dievakuasi.

Di Suriah, yang telah dirusak oleh perang saudara selama lebih dari 11 tahun, kementerian kesehatan mengatakan sekitar 430 orang tewas dan lebih dari 1.000 orang terluka. Di barat laut yang dikuasai pemberontak Suriah, seorang juru bicara PBB mengatakan 255 orang tewas.

Di Diyarbakir, wartawan Reuters melihat puluhan pekerja penyelamat mencari melalui gundukan puing, semua yang tersisa dari sebuah bangunan besar, dan mengangkut puing-puing saat mereka mencari korban selamat. Kadang-kadang mereka mengangkat tangan dan menyerukan agar diam, mendengarkan suara-suara kehidupan.

Pria membawa seorang gadis terbungkus selimut dari sebuah bangunan yang runtuh di kota. Di Izmir, rekaman drone menunjukkan petugas penyelamat berdiri di atas bukit puing tempat sebuah bangunan pernah berdiri, bekerja untuk mengangkat lempengan batu.

Rekaman yang beredar di Twitter menunjukkan dua bangunan tetangga runtuh satu demi satu di Aleppo Suriah, memenuhi jalan dengan debu yang mengepul.

Dua penduduk kota, yang rusak parah akibat perang, mengatakan bangunan-bangunan itu ambruk beberapa jam setelah gempa, yang juga dirasakan di Siprus dan Lebanon.

Topik Menarik