Korban Tewas Gempa M 7,8 Melonjak Drastis: Suriah 237 Orang, Turki 76

Korban Tewas Gempa M 7,8 Melonjak Drastis: Suriah 237 Orang, Turki 76

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 6 Februari 2023 - 14:45
share

ANKARA Jumlah korban tewas akibat gempa bumi magnitudo 7,8 yang berpusat di Turki, Senin (6/2/2023), telah melonjak drastis. Di Turki tercatat 76 orang meninggal, sedangkan di Suriah 237 orang meninggal.

Data korban meninggal di Suriah diumumkan Kementerian Kesehatan setempat. Asisten Menteri Kesehatan Ahmed Dhamiriyeh mengatakan selain 237 orang meninggal, sekitar 639 lainnya terluka.

Wilayah Suriah yang terkena dampak gempa terbagi antara wilayah yang dikuasai pemerintah dan yang dikuasai oposisi atau pemberontak.

Di Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak, kelompok Pertahanan Sipil Suriah menggambarkan situasi sebagai "bencana" menambahkan bahwa seluruh bangunan telah runtuh dan orang-orang terjebak di bawah reruntuhan.

Sementara itu, Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) Turki mengatakan laporan awal dari daerah yang dilanda gempa di tenggara negara itu menunjukkan bahwa setidaknya 76 orang tewas.

Disebutkan juga 440 orang tambahan terluka.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan oleh Anadolu Agency , media yang dikelola pemerintah, AFAD mencatat daerah yang terkena dampak adalah Kahramanmaras, Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay dan Kilis.

Menurut AFAD, ada 42 gempa susulan tercatat setelah gempa Senin.

Organisasi tersebut telah mendeklarasikan alarm level 4 dan meminta bantuan internasional.

AFAD mencatat kekuatan gempa adalah magnitudo 7,4. Namun, Layanan Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat kekuatannya magnitudo 7,8.

(min)

Topik Menarik