Semoga Tidak Jatuh Korban, Gempa Bumi Magnitudo 5,0 Guncang Papua Barat

Semoga Tidak Jatuh Korban, Gempa Bumi Magnitudo 5,0 Guncang Papua Barat

Berita Utama | koran-jakarta.com | Rabu, 4 Januari 2023 - 00:37
share

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merekam aktivitas gempa bumi dengan magnitudo 5,0 yang mengguncang wilayah Papua Barat yang terjadi pada pukul 22.46 WIB WIB atau 00.46 WIT, Selasa (3/1).

Berdasarkan informasi BMKG, gempa bumi itu berlokasi di darat pada 2,89 lintang selatan dan 134,18 bujur timur (16 kilometer barat daya Teluk Wondama, Papua Barat) dengan kedalaman 10 kilometer.

"Dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat, kecuali telah dianalisis ulang seismolog," demikian keterangan yang dikutip melalui akun Twitter @infoBMKG di Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, Provinsi Papua juga diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 5,2 dirasakan di Kota dan Kabupaten Jayapura di mana gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) wilayah V Jayapura melalui Stasiun Geofisika setempat menyebut gempa tersebut dirasakan pukul 21:55:21 WIT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Selasa, mengatakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,40 derajat Lintang Selatan, 141,02 derajat Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 16 km arah utara Raveni Rara, Jayapura, Papua pada kedalaman 10 km.

Topik Menarik