Bukan Dimakamkan, New York Jadikan Jenazah Manusia Pupuk Kompos

Bukan Dimakamkan, New York Jadikan Jenazah Manusia Pupuk Kompos

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 3 Januari 2023 - 01:27
share

NEW YORK, iNewsKutai.id - Jenazah manusia dijadikan pupuk kompos tampaknya bakal menjadi hal umum di Amerika Serikat. Terbaru, pemerintah negara bagian New York mengizinkan jasad manusia dijadikan pupuk tanaman.

Metode ini diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan jika ditanam atau dikremasi. Pada praktiknya, jenazah manusia akan dibiarkan membusuk di satu wadah sebelum kemudian dijadikan pupuk untuk tanaman.

Dilansir BBC, New York menjadi negara bagian kelima di AS yang mengizinkan jasad manusia dijadikan pupuk kompos setelah mendapat persetujuan Gubernur Kathy Hochul. Sebelumnya, Washington menjadi pelopor pada 2019 lalu kemudian diikuti Colorado, Oregon, Vermont, dan California.

Metode pengomposan ini dilakukan dengan menempatkan jenazah manusia dalam wadah tertutup dengan bahan berupa serpihan kayu, alfalfa, dan jerami rumput untuk mempercepat penguraian.

Sekitar satu bulan kemudian, dilakukan proses pemanasan untuk memastikan tidak ada infeksi sebelum tanah tersebut diserahkan kepada ahli waris almarhum. Tanah tersebut kemudian dapat digunakan untuk menanam bunga, sayuran atau pohon.

Sebuah perusahaan yang menawarkan layanan tersebut di AS, Recompose, mengatakan layanan yang ditawarkan dapat menghemat banyak karbon dibandingkan dengan metode penguburan atau kremasi tradisional.

(Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada oleh dengan judul : New York Resmi Izinkan Mayat Manusia Diolah Jadi Pupuk Tanaman )

Topik Menarik