Rakyat Tiongkok Sambut Gembira Pelonggaran Peraturan Anti-Covid

Rakyat Tiongkok Sambut Gembira Pelonggaran Peraturan Anti-Covid

Berita Utama | koran-jakarta.com | Kamis, 8 Desember 2022 - 03:55
share

BEIJING - Tiongkok pada Rabu (7/12) mengumumkan perubahan terbesar pada peraturan anti-Covid yang ketat sejak pandemi dimulai tiga tahun silam, dengan melonggarkan berbagai peraturan yang membatasi penyebaran virus tetapi telah menggoyahkan ekonomi terbesar kedua dunia itu dan memicu berbagai protes.

Pelonggaran peraturan itu, di antaranya mengizinkan orang yang terinfeksi dengan gejala ringan atau tanpa gejala untuk dikarantinakan di rumah dan membatalkan keharusan tes bagi orang-orang yang bepergian di dalam negeri, merupakan isyarat terkuat bahwa Beijing sedang mempersiapkan 1,4 miliar penduduknya untuk hidup bersama dengan penyakit ini.

Meskipun sebagian besar perbatasannya masih tutup, warga menyambut baik prospek perubahan itu yang dapat membuat Tiongkok secara perlahan muncul kembali ke dunia, tiga tahun setelah virus Covid mewabah di Wuhan, kota di Tiongkok tengah.

Pengumuman ini segera melejit ke topik yang paling banyak dilihat di platform Weibo Tiongkok. Banyak orang menyambut baik prospek bepergian, meskipun sebagian menyatakan kekhawatiran mengenai kemungkinan penularan yang lebih besar.

"Sudah waktunya bagi kita untuk kembali hidup normal, dan bagi Tiongkok untuk kembali ke dunia," tulis seorang pengguna Weibo.

Para analis juga menyambut baik perubahan yang dapat menghidupkan kembali perekonomian dan mata uang Tiongkok yang melemah dan mendorong pertumbuhan global.

"Perubahan kebijakan ini merupakan langkah maju yang besar," kata Zhiwei Zhang, kepala ekonom di Pinpoint Asset Management. "Saya perkirakan Tiongkok akan membuka kembali perbatasan sepenuhnya tidak lebih dari pertengahan 2023," imbuh dia.

Pengumuman ini muncul setelah Presiden Xi Jinping, yang menganggap perjuangan tanpa henti Tiongkok dalam melawan Covid sebagai salah satu pencapaian utamanya, memimpin pertemuan Politbiro Partai Komunis pada Selasa (6/12) lalu.

Kota-kota di berbagai penjuru Tiongkok dilanda protes menentang kebijakan Covid yang ketat pada akhir bulan lalu, yang dianggap sebagai unjuk ketidakpuasan masyarakat yang terbesar sejak Xi berkuasa pada 2012.

Meskipun protes-protes itu mereda dalam beberapa hari di tengah kehadiran polisi dalam jumlah besar, kota-kota dan berbagai daerah di Tiongkok mulai mengumumkan langkah-langkah pelonggaran.

Banyak di antara langkah-langkah yang diambil kota-kota dan daerah itu tercermin dalam daftar perubahan kebijakan yang diumumkan oleh Otoritas Kesehatan Nasional pada Rabu.

Para pejabat juga telah melunakkan pandangan mereka mengenai risiko kesehatan yang ditimbulkan oleh virus tersebut, membuat Tiongkok semakin dekat dengan apa yang dinyatakan oleh negara-negara lain selama lebih dari setahun ini sewaktu mencabut berbagai restriksi. VoA/I-1

Topik Menarik