Politisi Meksiko Minta Lionel Messi Dilarang Masuk ke Negaranya

Politisi Meksiko Minta Lionel Messi Dilarang Masuk ke Negaranya

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 03:00
share

MEXICO CITY- Seorang politisi Meksiko bernama Maria Clemente Garcia telah mendesak Pemerintah Meksiko agar larangan masuk ke negaranya diberikan pada bintang Timnas Argentina, Lionel Messi.

Hal itu menjadi buntut dari insiden kontroversial yang dilakukan Messi di Piala Dunia 2022 lalu saat berjumpa Hirving Lozano dan kolega.

Seperti diketahui, La Albiceleste julukan Argentina, melibas Meksiko 2-0 dalam laga kedua Grup C Piala Dunia 2022 yang berlangsung pada Minggu, 27 November 2022 dini hari WIB lalu. Setelah pertandingan itu, Messi pun bertukar jersey dengan Andres Guardado.

Kemudian sebuah video viral di media sosial menampilkan La Pulga julukan Messi--menaruh jersey Meksiko itu di lantai ruang ganti dan seperti melakukan gesture menendang jersey tersebut.

Kejadian itu pun memicu reaksi keras dari masyarakat Meksiko, termasuk dari bintang tinju, Canelo Alvarez, yang mengirim ancaman padanya.

Setelah sepekan lebih berlalu, kejadian itu masih membuat marah Maria Clemente Garcia. Politikus pendukung LGBT itu melontarkan desakan kepada Pemerintah Meksiko agar Messi dilarang masuk ke negaranya karena dianggap kurang menghormati Meksiko.

"Dewan Deputi Kongres Persatuan yang Terhormat dengan hormat mendesak Kementerian Luar Negeri untuk mengeluarkan Deklarasi yang sesuai untuk menyatakan persona non grata di dalam wilayah Amerika Serikat Meksiko kepada warga negara Argentina dan berkebangsaan Spanyol, Lionel Andres Messi Cuccitini, karena penghinaannya yang nyata dan kurangnya rasa hormat terhadap Meksiko selama Piala Dunia Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pada Sabtu, 26 November 2022," kata Garcia dilansir dari Sport Bible, Rabu (7/12/2022).

Hal itu jelas mengejutkan karena Messi beberapa hari setelah kejadian itu telah memberikan klarifikasi. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu menegaskan bahwa orang yang mengenalnya tahu bahwa dirinya tak pernah tak menghormati siapa pun sehingga dia enggan meminta maaf atas peristiwa itu.

Sebelumnya, jagoan Argentina lainnya, Sergio Aguero, juga memberikan pembelaan pada Messi atas ancaman yang diberikan oleh Canelo. Dia yakin Canelo tak mengerti situasi ruang ganti tim sepakbola karena hal tersebut sebenarnya lazim terjadi.

Canelo pun telah meminta maaf kepada mantan pemain Barcelona itu. Sebab, dia merasa salah menginterpretasikan video yang dilihatnya di media sosial.

Topik Menarik