Kisah Sukses Sara Blakely, dari Sales Kini Jadi Miliarder

Kisah Sukses Sara Blakely, dari Sales Kini Jadi Miliarder

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 08:47
share

GEORGIA, iNews.id - Setiap orang memiliki perjalanan berbeda-beda dalam meraih kesuksesannya. Hal itulah yang disampaikan oleh CEO Spanx Sara Blakely, yang sukses membangun merek pakaian dalam yang didirikan pada tahun 2000 bernilai miliaran dolar AS.

Sara Blakely tercatat menjadi salah satu miliarder. Menurut data Forbes , Sara Blakely memiliki harta kekayaan sebesar 1 miliar dolar AS atau setara Rp15,37 triliun.

Sebelum mendirikan Spanx sekaligus menjadi CEO, Blakely merupakan pekerja harian atau lebih tepatnya seorang sales pada tahun 1990-an. Saat itu dia berusia 27 tahun berkerja menawarkan mesin faks dari pintu ke pintu di tengah panasnya cuaca Florida.

Ketika berkerja sebagai sales , dia harus mengenakan stoking sebagai aturan berpakaian yang diberlakukan dalam pekerjaannya. Karena aturan tersebut, Blakely sempat frustrasi karena keterbatasan stoking dan pakaian dalam yang dimilikinya.

Kemudian, Blakely menemukan model yang tepat, namun kurang sesuai dengan sepatunya. Dia pun berusaha mencari ide untuk memperbaikinya.

Dari kejadian itu, Blakely berkesempatan untuk mempraktikkan ide itu. Dia diundang ke sebuah pesta dan memutuskan untuk mengenakan celana putih yang biasa dipakai karena memperlihatkan garis celana dalam. Dia mengambil sepasang pantyhose , namun pertama-tama, dia mengambil gunting dan membuatnya tanpa kaki.

Lalu, Blakely mengembangkan idenya tersebut untuk menjadi sebuah produk. Dengan modal sebesar 5.000 dolar AS setara Rp76,88 juta dari berjualan mesin faks dia gunakan untuk berpergian ke berbagai pabrik pakaian di Carolina Utara. Sebelum menginjak usia 30 tahun, Sara membuat prototipe cikal bakal Spanx.

Berkat kegigihannya, Sara Blakely berhasil mengembangkan Spanx menjadi raksasa shapewear . Diperkirakan dari usahanya itu bisa menghasilkan lebih dari 400 juta dolar AS atau setara Rp6,15 triliun setiap tahun.

Dalam membangun bisnisnya, Blakely tidak memiliki latar belakang dalam dunia desain, bisnis atau manufaktur. Dia hanya memiliki kecerdasan dalam pemasaran yang didapat saat berkerja sebagai sales .

Blakely membuat model produknya sendiri dan mengadakan pertemuan dengan toko dan pembeli. Dia turut menghubungi sejumlah wartawan untuk meliputnya.

Tak hanya itu, Blakely juga mengirimkan produk Spanx-nya ke acara talkshow terkenal The Oprah Winfrey Show . Spanx tampil dalam salah satu kampanye Favorite Things sehingga membantu produk itu melejit.

Saat ini Spanx sudah hadir di lebih dari 50 negara. Selain itu, Spanx juga menjadi merek favorit selebritas, salah satunya Oprah Winfrey. Blakely sendiri juga menjadi selebritas.

Pada 2021, Oprah Winfrey, Reese Witherspoon, serta pendiri Bumble Inc, Whitney Wolfet Herd berinvestasi di Spanx. Hal tersebut disampaikan Blakely saat menyelesaikan penjualan saham mayoritas senilai 1,2 miliar dolar AS atau setara Rp18,45 triliun.

Selain itu, terdapat investasi lain yang masuk ke Spanx, di antaranya G9 Ventures dan Able Partners.

Topik Menarik