Piala Dunia 2022: Gol Kontroversial Jepang Bukti Jerman Kena Karma?

Piala Dunia 2022: Gol Kontroversial Jepang Bukti Jerman Kena Karma?

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 2 Desember 2022 - 11:15
share

Timnas Jerman tersingkir dari Piala Dunia Qatar 2022 di fase grup. Gol kontroversial kemenangan Timnas Jepang atas Timnas Spanyol adalah salah satu penyebabnya. Jika menilik lebih jauh, ini ibarat karma untuk Jerman.

Jerman pernah menjadi sorotan saat menang 4-1 atas Inggris di 16 besar Piala Dunia 2010. Saat Jerman unggul 2-1 atas Inggris, Frank Lampard melepaskan tembakan keras ke gawang Manuel Neuer.

Bola memantul ke mistar gawang sebelum masuk ke dalam gawang. Bola tampak telah melewati garis gawang dari tayangan ulang.

Piala Dunia 2022
Proses gol kedua Timnas Jepang (Reuters/Peter Cziborra)

Namun, wasit tidak memberikan gol buat Inggris hingga pertandingan berakhir untuk kemenangan Jerman . Inggris pun gugur dari Piala Dunia 2010.

Kini, Jerman ditendang dari Piala Dunia 2022 dengan gol kontroversial Jepang. Saat Jepang dan Spanyol imbang 1-1, Samurai Biru mencetak gol kemenangan melalui aksi Ao Tanaka (51).

Dalam prosesnya, Kaoru Mitoma yang memberikan umpan tarik kepada Tanaka. Masalahnya, bola tampak sudah melewati garis dalam tayangan ulang.

Wasit Victor Gomes meninjau VAR cukup lama sebelum mengesahkan gol tersebut. Melansir dari Mirror, FIFA telah menjelaskan, bahwa ada beberapa lengkungan bola yang masih di dalam garis sehingga gol disahkan.

Jepang pun menang 2-1 atas Spanyol sehingga menjadi juara Grup E dengan koleksi enam poin. Spanyol menjadi runner-up dengan koleksi empat poin.

Piala Dunia 2022
Klasemen akhir Grup E Piala Dunia 2022 (FIFA.com)

Koleksi poin Spanyol (+6) sama dengan Jerman (+1), tetapi Der Panzer kalah selisih gol sehingga finis ketiga. Jerman pun angkat koper dari Qatar di fase gugur. Kebetulan atau tidak, ini mungkin karma untuk Jerman karena insiden di Piala Dunia 2010.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik