Loading...
Loading…
Naik Cable Car dengan Jalur Terpanjang di Dunia, dari Laut ke Puncak Gunung Cuma 10 Menit

Naik Cable Car dengan Jalur Terpanjang di Dunia, dari Laut ke Puncak Gunung Cuma 10 Menit

Powered by BuddyKu
Berita Utama | Indozone | Rabu, 30 November 2022 - 17:00

Provinsi Antalya di selatan Turki mendapat julukan Mutiara Laut Tengah, karena keindahannya. Selain laut dan pantai, Antalya juga punya banyak destinasi wisata alam, seperti pegunungan, hutan, ngarai dan air terjun.

Salah satu cara terbaik menikmati keindahan alam Antalya adalah dengan naik cable car alias kereta gantung. Sekitar 50 km dari pusat kota, ada Olympos Teleferik, cable car dengan jalur terpanjang di Eropa, juga terpanjang kedua di dunia!

Total lintasan dari stasiun keberangkatan ke stasiun puncak, lebih dari 4350 meter.

Olympos Teleferik berangkat dari tepi Laut Tengah (Mediterania) menuju puncak Gunung Tahtali. Sekitar 10 menit perjalanan, wisatawan disuguhkan pemandangan Taman Nasional Pesisir Beydaglari, yang dipenuhi pohon pinus merah dan hitam. Sesekali terlihat satwa liar seperti babi hutan dan musang.

olympos teleferik
Cable car bisa menampung hingga 80 penumpang (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Saat melintasi tanjakan curam atau tertiup angin kencang, cable car sedikit berguncang, memacu adrenalin. Hilal Yavuz, salah satu wisatawan menceritakan pengalaman pertamanya naik Olympos Teleferik.

Saya sering mendengar tentang Olympos, tapi baru kali ini ke sini. Perjalanan dengan cable car, seru! Kadang kami teriak, karena kereta berguncang. Ini salah satu liburan terbaik saya. Ungkap Hilal Yavuz saat naik cable car ini.

Ada dua kabin panorama berdesain modern, yang masing-masing bisa menampung hingga 80 penumpang. Jendela kaca super lebar memungkinkan wisatawan melihat pemandangan 360 derajat.

Cable car mengandalkan jaringan listrik umum dan dua generator diesel besar. Ada juga sistem penggerak darurat berbasis elektro-hidrolik, untuk mengevakuasi wisatawan, jika terjadi gangguan listrik.

olympos teleferik
View dari puncak Gunung Tahtali (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Cable car berhenti di puncak Gunung Tahtali, setinggi 2.365 meter di atas permukaan laut. Stasiun puncak ini vibesnya mirip negeri di atas awan. Saat cuaca cerah, kita bisa melihat view kota Finike dan Side, yang berada di provinsi Antalya.

Kita juga bisa mencoba olahraga pemacu adrenalin, seperti paralayang dan trampolin, dengan kecepatan 100 km/ jam. Kalau mau bersantai, bisa mengunjungi kafe dan restoran. Jangan lupa membeli suvenir bertema cable car Olympos sebagai kenang-kenangan.

olympos teleferik
Wisatawan di puncak Tahtali Gunung Para Dewa (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Olympos Teleferik mulai beroperasi Juni 2007. Cable car berangkat setiap 30 menit sekali. Harga tiket untuk dewasa 30 USD (sekitar Rp470 ribu), sementara anak-anak di atas 6 tahun, 15 USD (sekitar Rp235 ribu). Cable car melayani wisatawan mulai jam 10 pagi sampai 17.00 waktu setempat.

olympos teleferik
View dari stasiun keberangkatan (Z Creators/Elisa Oktaviana)

Buat nature lovers, tersedia paket tur menikmati sunrise dan sunset di puncak Gunung Tahtali. Pelancong juga bisa menjelajah Gunung Tahtali, dengan cara hiking, trekking dan climbing.

Tahtali dijuluki Gunung Para Dewa, yang dianggap penting dan sakral sejak zaman kuno. Dalam mitologi Yunani kuno, Tahtali dinamakan Gunung Olympos.

Dekorasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Berkonsep Mataram Islam, Begini Detail Prosesinya

Resep Nasi Goreng Daun Mengkudu Khas Betawi, Dijamin Sehat dan Kaya Rasa

Kisah Rani Rindang, Sukses Membuat Urap dan Sate Ayam Terkenal di Ekuador

Kolam Renang Ratu Cleopatra Dipercaya Bikin Cantik Paripurna, Airnya Sebening Kristal!

 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik!Lets join Z Creators dengan klik di sini .

Z Creatora
Z Creatora
Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{
{
{