Gmail, Google Docs, Sheets, dan Slides Hadirkan Fitur Baru, Bermanfaat Banget!

Gmail, Google Docs, Sheets, dan Slides Hadirkan Fitur Baru, Bermanfaat Banget!

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 30 November 2022 - 09:30
share

Google menghadirkan pembaruan fitur untuk sejumlah layanan Workspace-nya. Google Docs, Sheets, dan Slides telah diperbarui bersama dengan beberapa peningkatan pada Gmail.

Mengutip dari Gadgets 360 , Google mengatakan bahwa pembaruan tersebut seharusnya sudah terlihat oleh sebagian besar pengguna secara global, proses persebaran fitur akan selesai dalam kurun waktu 15 hari kerja.

1. Gmail

Gmail Fitur Baru
Logo Gmail. (Google)

Google telah melakukan peningkatan pencarian pada layanan Gmail. Setelah mengumumkan opsi pencarian dan saran yang lebih baik di Gmail pada bulan Juli lalu, Google mengatakan layanannya tersebut kini akan menawarkan hasil pencarian yang lebih baik kepada pengguna.

Hasil yang terlihat nantinya didasarkan pada aktivitas pencarian terbaru di aplikasi Gmail itu sendiri. Singkatnya, pembaruan akan membuat hasil pencarian lebih relevan dan kontekstual tergantung pada apa yang sebelumnya dicari pengguna di Gmail.

2. Google Sheets

Perusahaan juga memperbarui Google Sheets , untuk meningkatkan fungsionalitas tabel pivot.

Aplikasi spreadsheet sekarang akan memungkinkan pengubahan ukuran tabel pivot saat membuat atau mengeditnya, sesuatu yang diklaim Google sebagai fitur yang banyak diminta oleh penggunanya.

3. Google Docs, Spreadsheet, dan Slide

Google Docs Fitur Baru
Logo Google Docs. (Google)

Setelah mengumumkan kemampuan untuk bergabung atau mempresentasikan ke panggilan Google Meet dari Google Dokumen, Spreadsheet, atau Slide, Google sekarang akan mengizinkan penggunanya berbagi file serupa dari obrolan Meet itu sendiri.

Kemudian, pengguna yang mempresentasikan atau bergabung dalam rapat dari sebuah file, kini dapat berbagi file yang sama menggunakan fitur obrolan.

Akses ke file (yang bisa berupa dokumen, spreadsheet, atau presentasi) diberikan secara otomatis, yang bisa untuk semua atau bahkan untuk beberapa orang terpilih.

Dalam pembaruan terkini, Google meluncurkan fitur drag and drop (tarik dan lepas) untuk perangkat dengan layar lebih besar seperti tablet dan sejenisnya.

Pembaruan ini memungkinkan pengguna menarik dan melepas data dari satu aplikasi Workspace ke aplikasi lain saat kedua aplikasi dibuka bersamaan dalam tampilan yang terpisah.

Dengan begini, maka aktivitas impor file dari satu dokumen ke dokumen lainnya akan semakin mudah. Fitur ini sebelumnya diluncurkan di Google Drive yang memungkinkan pengguna mengunggah sebuah file dengan menggunakan gerakan yang serupa.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik