Waspada Bila Batuk Mendadak! Bisa Jadi Gejala Covid-19 Varian BN.1

Waspada Bila Batuk Mendadak! Bisa Jadi Gejala Covid-19 Varian BN.1

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 28 November 2022 - 09:25
share

ABOUTSEMARANG- Covid-19 di Indonesia saat ini tengah mengalami lonjakan beberapa waktu belakangan. Tren kasus positif Covid-19 menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Hal tersebut lantaran adanya varian baru Covid-19, yaitu Omicron XBB dan XBC serta BN.1.

Selain itu, ada beberapa gejala yang mirip dengan flu biasa dan sulit dibedakan sehingga banyak orang tidak akan menyadari bahwa dirinya terinfeksi Covid-19.

Salah satu gejala tersebut, yaitu apabila Anda mengalami batuk kering saat bangun tidur dan tenggorokan mulai tak nyaman. Meski tidak mengalami demam, namun, gejala ini juga bisa menjadi gejala terbaru dari Covid-19.

Centers of Disease Control and Prevention (CDC) menyatakan BN.1 merupakan subvarian atau mutasi SARS-CoV-2 varian Omicron.

Subvarian ini telah terdeteksi di lebih dari 30 negara, termasuk Amerika Serikat, Austria, Australia, Inggris, India, Jerman, dan Korea Selatan. Namun, varian terbaru ini belum terdeteksi di Indonesia.

Lantas apa gejala Covidterbaru ini? Simak rinciannya berikut ini.

Gejala CovidTerbaru

Pada dasarnya, subvarian BN.1 dilaporkan memiliki gejala yang cukup ringan, mirip dengan flu. Gejalanya juga tak berbeda dengan subvarian-subvarian Omicron lainnya.

Berikut beberapa gejala subvarian BN.1.

  1. Batuk

Batuk menjadi salah satu gejala Covid-19 subvarian BN.1, terutama batuk kering.

Pada kasus flu biasa, batuk biasanya menyebabkan lendir sehingga timbul dahak. Sementara batuk akibat Covid-19 kebanyakan berupa batuk kering. Batuk kering covid-19 ini biasanya terjadi tanpa alasan alias mendadak batuk tanpa alasan jelas.

Kendati demikian, ada pula pasien Covid-19 yang melaporkan mengalami gejala batuk berdahak.

  1. Pilek

Pilek juga jadi salah satu tanda Covid-19 subvarian BN.1.

Pilek memang kerap terjadi, terlebih di tengah musim hujan saat ini. Oleh sebab itu, untuk mengetahui gejala pilek yang disebabkan virus ini perlu dilakukan lewat tes antigen atau PCR.

  1. Sakit tenggorokan

Selain batuk dan pilek, sakit tenggorokan juga perlu diwaspadai. Biasanya sakit tenggorokan sepaket dengan batuk kering.

Sebenarnya batuk merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing dari tenggorokan atau saluran pernapasan. Jika batuk terus berulang tanpa ada benda asing keluar, tenggorokan jadi terasa gatal dan sakit. Ini juga jadi gejala covidterbaru.

  1. Demam

Demam juga jadi salah satu gejala Covid varian terbaru. Demam merupakan kenaikan suhu tubuh melebihi suhu normal. Namun, suhu tubuh normal akan saling berbeda pada masing-masing individu, terutama usia.

Mengutip berbagai sumber, berikut suhu tubuh yang normal pada masing-masing usia:

Untuk mengetahui gejala demam akibat Covid-19, pastikan melakukan pemeriksaan atau uji swab antigen maupun PCR di fasilitas kesehatan terdekat.

  1. Kelelahan

Infeksi subvarian BN.1 juga disebut memicu kelelahan. Rasa lelah ini terkadang muncul tanpa penyebab.

Rasa lelah biasanya muncul akibat sistem kekebalan tubuh yang tengah bekerja keras melawan virus yang masuk.

  1. Nyeri otot atau sendi

Apabila merasa nyeri di area otot atau sendi sebaiknya jangan diabaikan. Sebab nyeri di bagian tersebut merupakan salah satu gejala covid varian baru.

Sensasi nyeri ini sendiri perlu diperhatikan, karena kadang rasa nyeri bisa menjalar ke area tubuh lain.

  1. Sakit kepala

Gejala Covid terbaru sebetulnya masih sama dengan subvarian sebelumnya, salah satunya yakni sakit kepala.

Sakit kepala ini pada dasarnya akan berbeda-beda di tiap orang. Tapi umumnya sakit kepala yang akan muncul berupa sensasi berdenyut yang disertai dengan pusing.

Itu tadi beberapa gejala terbaru dari varian baru Covid-19 Omicron BN.1. Semoga bermanfaat.***

Topik Menarik