Alzheimer Pada Usia Muda, Apakah Mungkin Terjadi?

Alzheimer Pada Usia Muda, Apakah Mungkin Terjadi?

Berita Utama | yesdok.com | Sabtu, 26 November 2022 - 23:00
share

Tahukah Anda bahwa meskipun orang lanjut usia yang paling umum terkena Alzheimer, kondisi ini dapat menyerang usia muda sekitar umur 30-40 tahun? Hal ini dikenal dengan penyakit Alzheimer onset dini dan jenis kemunculan early-onset ini termasuk jarang ditemukan.

Penyebab

Mengutip Hopkins Medicine bahwa para ahli masih belum mengetahui pemicu penyakit Alzheimer. Beberapa teori mengatakan bahwa adanya kerusakan 2 protein yang mampu membunuh sel saraf. Fragmen dari satu protein dan beta-amiloid yang terbentuk menjadi plak.

Seiringbertambahnyausia, kitadapat mengembangkan plak tersebut namun pada kasus penyakit Alzheimer dini, plak dan benang-benang protein yang kusut tersebut cenderung mengembang dan menyebar lebih banyak hingga dapat memengaruhi memoriotak mereka secara keseluruhan.

Gejala Alzheimer dini

Gejala onset dini cenderung serupa dengan gejala Alzheimer secara umumnya. Berikut adalah beberapa gejalanya antara lain

Penyakit Alzheimer yang menyerang usia muda juga mampu memengaruhi pekerjaan dan hubungan Anda terutama bagi mereka yang belum terdiagnosa dengan penyakit neurologis tersebut.

Menjalani aktivitas sehari-hari sebagai penyandang Alzheimer dini bisa menimbulkan kesulitan. Oleh karena itu, penting untuk mengkomunikasikan soal kebutuhan dan akomodasi Anda kepada anggota keluarga atau teman dekat.

Walaupun Alzheimer tidak dapat disembuhkan, perubahan gaya hidup sehat perlu diterapkan seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga teratur, batasi asupan alkohol dan mengurangi stres.

Topik Menarik