Klub Manchester United Dijual!

Klub Manchester United Dijual!

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 23 November 2022 - 13:00
share

PORTALMEDIA.ID -- Manchester United yang dimiliki pengusahan asal Amerika Serikat, Keluarga Glazer, resmi mengumumkan akan menjual klub kepada para investor baru.

Kabar mengenai dijualnya Man United dikonfirmasi oleh manajemen klub melalui pernyataan resmi. Setan Merah mengumumkan bahwa Dewan Direksi klub siap mencari alternatif strategis bagi klub, salah satunya membuka investasi dan penjualan klub.

"Manchester United. salah satu klub olahraga paling sukses dan bersejarah di dunia, hari ini mengumumkan bahwa Dewan Direksi Perusahaan memulai proses untuk menjajaki alternatif strategis bagi klub," tulis pernyataan resmi MU.

"Untuk meningkatkan pertumbuhan klub di masa depan, dengan tujuan akhir memposisikan klub untuk memanfaatkan peluang baik di lapangan maupun secara komersial."

"Sebagai bagian dari proses ini, Dewan akan mempertimbangkan semua alternatif strategis, termasuk investasi baru ke dalam klub, penjualan, atau transaksi lain melibatkan perusahaan," bunyi tegas mengenai kabar penjualan tersebut.

Sebelumnya, Keluarga Glazer telah mendapat pandangan sinis dari para penggemar usai melempemnya performa tim dalam beberapa waktu terakhir.

Dikutip dari Sky News, pasukan Old Trafford tidak pernah lagi meraih trofi Liga Inggris sekali sejak 2013 silam. Krisis manajer setelah kepergian Sir Alex Ferguson disinyalir sebagai akar persoalan.

Man United sendiri pernah dinakhodai pelatih sekaliber Jose Mourinho hingga Louis Van Gaal. Bahkan hingga saat ini diarsiteki Erik Ten Hag, Man Utd masih belum menemukan performa terbaik di domestik

Keluarga Glazer sebelumnya mengakui perlunya investasi infrastruktur baru untuk mengubah stadion menjadi tempat yang benar-benar berkelas dunia, sementara dana yang besar juga dibutuhkan untuk memungkinkan tim putra bersaing sekali lagi di puncak permainan Eropa.

Jika United dijual langsung, itu akan menjadi klub papan atas terbaru yang berpindah tangan, setelah Roman Abramovich menyetujui penjualan 2,5 miliar Chelsea ke konsorsium yang dipimpin oleh pengusaha Amerika Todd Boehly awal tahun ini.

Penilaian United dalam penjualan pasti akan melebihi kapitalisasi pasar sekitar $2,15 miliar yang tersirat dari harga sahamnya selama sesi perdagangan hari Selasa di New York Stock Exchange.

Laporan dalam beberapa bulan terakhir berspekulasi bahwa butuh antara 5 miliar dan 9 miliar untuk membujuk pemiliknya agar menjual.

Belakangan juga marak kampanye negatig, "Love United, Hate Glazers" selama masa jabatan mereka.

Meski baru proses penjualan, namun spekulasi mengenai calon pembeli Man United mulai bermunculan.

Salah satunya adalah Sir Jim Ratcliffe, miliarder Ineos yang telah mendukung United sejak masa kanak-kanak. Sebelumnya pada Agustus lalu dia mengatakan keinginan membeli klub tersebut.

Juga akan ada spekulasi para juragan baru adalah Red Knights, sebuah konsorsium yang dipimpin oleh mantan direktur Man United dan ekonom terkemuka Lord O'Neill. Kelompok itu dianggap dapat menghidupkan kembali upaya pemulihan Man United.

Topik Menarik