Jangan Pelor, Ini 7 Bahaya Tidur Pagi Hari Bagi Kesehatan!

Jangan Pelor, Ini 7 Bahaya Tidur Pagi Hari Bagi Kesehatan!

Berita Utama | netralnews.com | Kamis, 6 Oktober 2022 - 09:55
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Siapa yang hobi tidur setelah salat subuh? Atau siapa yang tidur, habis selesai sarapan atau olahraga pagi? Nempel sofa atau kasur sedikit langsung Pelor alias Nempel Molor.

Ternyata kebiasaan tidur di pagi hari nggak begitu baik lho buat kesehatan. Demikian disampaikan Dokter dan Edukator Kesehatan dr Handri Irawan MMRS melalui kultwitnya.

Dia akui, tak sedikit orang sering tidur pagi karena beragam alasan, misalnya terlalu lama kerja atau menonton. Padahal, bahaya tidur pagi bukan sekadar menurunkan performa kerja akibat kurang tidur saja, melainkan juga bisa mengganggu kesehatan tubuh.

Tidur di pagi hari karena begadang semalaman sudah pasti membuat waktu tidur berkurang. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada tubuh.

Berikut ini adalah bahaya tidur pagi bagi tubuh:

1. Diabetes

Menurut penelitian, kurang tidur di malam hari bisa meningkatkan risiko terserang diabetes. Risiko yang sama juga bisa terjadi saat terlalu banyak tidur.

Hal ini karena gangguan tidur dapat meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin, sehingga kadar gula darah akan cenderung meningkat pada orang yang tidurnya bermasalah.

2. Obesitas

Tidur terlalu sedikit atau terlalu banyak bisa membuat berat badan meningkat. Menurut studi, orang yang tidur kurang dari 7 jam setiap malamnya memiliki risiko obesitas yang lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur selama 78 jam sehari.

Hal ini diduga karena kurang tidur dapat membuat nafsu makan meningkat, sehingga orang akan cenderung makan lebih banyak ketika kurang tidur.

3. Penyakit jantung dan pembuluh darah

Sering tidur di pagi hari dan tidak cukup tidur dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti serangan jantung dan stroke. Hal ini karena kurang tidur dapat meningkatkan tekanan darah dan peradangan tubuh.

4. Mudah lupa

Saat tidur, tubuh akan berisitrahat dan memperbaiki jaringan-jaringannya, termasuk sel-sel otak. Namun, ketika seseorang kurang tidur, jaringan otak akan kekurangan oksigen serta energi untuk memperbaiki dirinya, sehingga orang tersebut menjadi mudah lupa.

5. Sulit berpikir dan berkonsentrasi

Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup dan berkualitas dapat membuat seseorang berpikir jernih, mudah mendapatkan ide, dan mampu memecahkan masalah.

Sementara itu, orang yang sering tidur pagi atau kurang tidur akan lebih sulit untuk fokus bekerja dan memusatkan perhatian. Hal ini sudah pasti akan mempengaruhi kinerja dan produktivitas kerja di kantor.

6. Suasana hati mudah berubah

Kurang tidur di malam hari dalam jangka panjang dipercaya dapat menyebabkan perubahan mood dan bahkan depresi. Selain itu, bahaya tidur pagi juga bisa membuat emosi seseorang menjadi kurang stabil lantaran kelelahan.

7. Kanker

Orang yang sering tidur pagi karena harus bekerja shift atau menjalani aktivitas tertentu di malam hari memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker.

Hal ini didukung oleh beberapa studi yang menyebutkan bahwa sebagian pasien kanker memiliki kebiasaan sering begadang atau tidur kurang dari 7 jam.

Ya, tidur memang sangat penting untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Kebutuhan waktu tidur setiap orang bisa berbeda tergantung pada usia, gaya hidup, serta kondisi kesehatannya. Meski demikian, rata-rata orang dewasa memerlukan tidur antara 79 jam setiap harinya.

Agar bahaya tidur pagi akibat kurang tidur tidak dialami, usahakan tidur di waktu yang sama setiap hari, batasi konsumsi kafein, rutin olahraga, serta matikan lampu kamar dan barang elektronik lainnya saat sudah berbaring di tempat tidur.

Bila kurang tidur sampai mengganggu kegiatan sehari-hari Anda, sebaiknya periksakan kondisi tersebut ke dokter agar dapat diberikan pengobatan sebelum menimbulkan bahaya tidur pagi bagi kesehatan.

Topik Menarik