10 Film Misteri Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

10 Film Misteri Terbaik Sepanjang Masa Beserta Sinopsisnya

Berita Utama | katadata.co.id | Rabu, 28 September 2022 - 06:22
share

Film misteri mampu memikat penonton dengan ceritanya yang penuh teka-teki dan konfliknya yang kompleks. Film misteri biasanya berkisar pada solusi dari sebuah masalah atau mengungkap suatu kejahatan.

Selain itu, karakter dalam film misteri biasanya melibatkan detektif, kepolisian, dan pihak lain yang terlibat dalam suatu pencarian. Seringkali, ada banyak plot twist tak terduga yang membuat penonton tercengang.

Sebagai rekomendasi, berikut film misteri terbaik beserta sinopsisnya.

1. Shutter Island (2010)

Rekomendasi film misteri terbaik yang pertama yaitu Shutter Island . Pada tahun 1954, Marsekal Federal Teddy Daniels dan mitra barunya, Chuck Aule, melakukan perjalanan dari Seattle ke Pulau Shutter untuk menyelidiki hilangnya seorang pasien bernama Rachel Solando.

Teddy adalah seorang veteran Perang Dunia II yang trauma karena perang dan kehilangan istrinya dalam kebakaran. Teddy bersama rekannya ditugaskan menyelidiki Rachel yang ditempatkan dalam institusi untuk penjahat berbahaya di Rumah Sakit Ashcliffe karena dia menenggelamkan ketiga anaknya.

Teddy tidak dapat mengakses catatan karyawan dan pasien, sehingga ia merasa bahwa manajemen fasilitas ini menghalangi penyelidikannya. Tiba-tiba, migrain parah melanda Teddy saat badai menghantam pulau itu. Teddy dan Chuck menemukan bahwa mereka terdampar.

Selama berada di Pulau Shutter, Teddy mewawancarai para interniran dan mengikuti petunjuk menuju mercusuar, di mana ia mengungkapkan misteri Pulau Shutter.

2. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder merupakan film misteri terbaik dari Korea Selatan. Film ini berdasarkan kisah nyata tentang pembunuhan berantai pertama Korea dalam sejarah. Berlatar tahun 1980-an dan 1990-an, seorang pembunuh berantai memperkosa dan membunuh wanita berbaju merah di malam hujan.

Pada malam pembunuhan itu, pembunuh tersebut mengirimkan permintaan lagu tertentu ke stasiun radio lokal. Detektif Park Doo-Man dan Cho Yong-koo menyelidiki pembunuhan itu, sementara Detektif Seo Tae-Yoon datang dari Seoul untuk membantu penyelidikan.

Ketika wanita ketiga ditemukan tewas dalam dengan modus operandi yang sama, para detektif mulai menemukan petunjuk dari si pembunuh.

3. Cure (1997)

Detektif polisi Kenichi Takabe sedang menyelidiki pembunuhan aneh di mana para korban dibunuh secara brutal dengan logo X diukir di leher. Namun, saat semua pembunuh ditangkap dan mengakui pembunuhan, mereka tidak dapat menjelaskan motif membunuh korban.

Takabe bekerja dengan psikolog bernama Makoto Sakuma dan mereka tertarik karena semua pembunuh memiliki kontak dengan orang asing sebelum pembunuhan. Takabe adalah pria bermasalah karena istrinya, Fumie, tidak stabil secara mental.

Sementara itu, seorang dokter membunuh seorang pria di toilet umum, dan Takabe mengungkapkan identitas pelaku itu. Dia adalah dokter magang bernama Kunio Mamiya yang berkonsultasi dengan seorang dokter sebelum membunuh.

Mamiya adalah pria yang linglung dan bingung dengan hilangnya ingatan, sehingga perilakunya mempengaruhi Takabe. Penyelidikan lebih lanjut menemukan bahwa Mamiya telah mempelajari hipnotisme dan mampu memasukkan saran untuk membunuh dalam pikiran korbannya.

Takabe menjadi terobsesi dengan kasus yang mempengaruhi kehidupan pribadinya dan menunjukkan bahwa dia mulai kehilangan akal sehatnya. Mampukan Takabe mengungkap misteri pembunuhan sebelum dirinya larut dalam kegilaan?

4. Se7en (1995)

Se7en berfokus pada pencarian psikopat bernama John Doe yang membunuh tujuh orang, satu orang melambangkan satu dosa mematikan. Dalam film misteri terbaik ini, Detektif Somerset dan Mills mencoba memahami pola pikir pembunuh.

Setiap pembunuhan dilakukan dengan bersih tanpa saksi dan alat bukti. Para korbannya ditemukan dalam keadaan sedang melakukan dosa mematikan. Contohnya, korban pertama John Doe ditemukan mati karena terlalu banyak makan. Ini melambangkan dosa kerakusan.

Detektif Somerset yang berpengalaman mencoba menginvestigasi dengan kepala dingin dan melihat detail apa saja yang dapat diolah. Sementara Detektif Mills yang muda dan impulsif mencemooh usahanya dan berakhir dengan akibat fatal.

5. Zodiac (2007)

Zodiac merupakan termasuk film misteri terbaik sekaligus film teka-teki terbaik. Dalam film ini, seorang pembunuh berantai di San Francisco Bay Area mengejek polisi dengan surat dan pesan yang penuh teka-teki.

Sementara itu, Robert Graysmith adalah seorang kartunis yang bekerja untuk San Francisco Chronicle. Ia berteman dengan seorang reporter bernama Paul Avery. Keduanya memiliki minat yang sama, yakni mengungkap identitas pembunuh Zodiac.

Graysmith menjadi terobsesi dengan kasus ini sehingga ia turut serta dalam penyelidikan. Untuk mengungkap teka-teki zodiac, ia bertemu David Toschi, seorang inspektur polisi, Sherwood Morrill, seorang ahli tulisan tangan, dan Linda del Buono, seorang narapidana yang mengenal salah satu korban Zodiac.

Obsesi Graysmith membuat istri dan anak-anaknya terlantar. Mampukan Graysmith dan pihak kepolisian mengungkap teka-teki Zodiac?

6. Gone Girl (2014)

penulis majalah. Ia menyalahkan resesi dan kehilangan pekerjaannya karena membuat pernikahannya bermasalah.

Istrinya, Amy, merupakan orang superior secara intelektual dengan warisan yang besar. Suatu hari, Amy hilang dan Nick dituduh sebagai tersangka. Pencarian Amy pun dilakukan. Semua orang, kecuali kakak Nick, mencurigai Nick.

Tak disangka, hilangnya Amy mengungkap jati dirinya yang asli, seorang psikopat yang rela melakukan apa saja untuk menyingkirkan Nick.

7. Prisoners (2013)

Rekomendasi film misteri terbaik selanjutnya yaitu Prisoners . Dalam film ini, dua gadis hilang, kemudian keluarga mereka memanggil polisi. Saudara laki-laki dari salah satu gadis mengatakan bahwa ia melihat RV misterius yang diparkir di jalan.

Polisi menemukan RV dan seseorang di dalamnya adalah pria yang mengalami gangguan mental. Detektif kemudian mengintrogasinya, tetapi tidak ada hasil. Ayah dari salah satu gadis memberi tahu detektif untuk mengurungnya dengan cepat sebelum terlambat.

Namun, sang detektif mengatakan bahwa tidak ada bukti kuat untuk menahan pria dari RV itu. Larut dalam kesedihan dan amarah, sang ayah pergi untuk menghadapi pria itu dan menawannya dalam sebuah rumah terbengkalai.

Sementara itu, sang detektif terus mencoba untuk menemukan kedua gadis tersebut. Dalam penyelidikan, semua pihak berusaha mengungkap misteri penculikan dan menemukan sejumlah kejadian tak terduga.

8. Knives Out (2019)

Sesaat setelah merayakan ulang tahunnya ke-85, Harlan Thrombey ditemukan tewas di rumahnya. Ia merupakan orang kaya yang memiliki sejumlah keturunan. Detektif pun disewa untuk mengungkap misteri kematiannya.

Seiring penyelidikan sang detektif berlangsung, banyak hal-hal janggal bermunculan. Semua yang ada di rumah itu menjadi suspek. Mampukan sang detektif mengungkap siapa pembunuh Harlan Thrombey?

9. Memento (2000)

Dalam salah satu film misteri terbaik ini, Leonard adalah penyelidik asuransi yang ingatannya telah rusak karena cedera kepala yang dideritanya setelah mengintervensi pembunuhan istrinya. Kualitas hidupnya sangat terhambat setelah peristiwa ini, dan dia menjalani kehidupan catatan dan gambar.

Film ini diceritakan dalam kilasan. Leonard sangat ingin membalas dendam atas pembunuhan istrinya. Namun, ingatannya yang kabur menghambatnya. Leonard harus berusaha memecahkan teka-teki yang terlupakan untuk menemukan jawabannya.

10. Mystic River (2003)

Rekomendasi film misteri terbaik yang terakhir adalah Mystic River . Pada musim panas 1975 di sebuah lingkungan di Boston, tiga anak sedang bermain di trotoar ketika salah satunya yang bernama Dave diculik oleh dua pria dan mengalami pelecehan seksual selama berhari-hari. Akhirnya, Dave berhasil lolos, tetapi trauma sepanjang masa dewasanya.

Sementara itu, temannya yang bernama Jimmy adalah mantan narapidana dan ayah dari tiga anak. Saat putrinya, Katie, ditemukan tewas, Dave menjadi tersangka nomor satu. Di sisi lain, teman mereka bernama Sean adalah seorang detektif pembunuhan yang menyelidiki pembunuhan Katie.

Seah menemukan dirinya dihadapkan dengan konflik dari masa lalu dan sekarang menetapkan pacarn Katie sebagai tersangka. Akankah Sean mengungkap misteri pembunuhan Katie?

Topik Menarik