Loading...
Loading…
Mau Video Kamu Muncul di FYP TikTok? Pahami Dulu Tiga Hal Penting Ini

Mau Video Kamu Muncul di FYP TikTok? Pahami Dulu Tiga Hal Penting Ini

Powered by BuddyKu
Berita Utama | Republika | Sabtu, 24 September 2022 - 01:40

TikTok menjadi platform paling populer saat ini. Ia digemari karena fitur unik dan menarik yang berbeda dari media sosial lain.

Salah satu ciri khas TikTok adalah ia hanya menayangkan video pendek. Durasinya sekitar 15-60 detik saja.

Tampilannya juga bermode vertikal (potrait mode) alias tegak lurus. Ini memudahkan pengguna TikTok, rata-rata generasi Z, mudah mengaksesnya tanpa harus memutar layar HP.

Kelebihan lain: pengguna TikTok bisa lebih mudah menumbuhkan jumlah pengikut. Ia memiliki algoritma unik yang tidak seketat aplikasi media sosial lain seperti Facebook atau Instagram.

Tentu tidak ketinggalan, TikTok memiliki FYP. Fitur ini termasuk yang bikin TikTok menarik dan unik. Banyak engguna bahkan berlomba-lomba agar konten video mereka bisa masuk FYP.

Apa Itu FYP?

FYP adalah singkatan dari "For You page". Ia halaman atau tampilan pertama yang kamu lihat ketika membuka aplikasi TikTok.

Video yang muncul di FYP mungkin awalnya terkesan random atau acak banget. Seringkali berasal dari pengguna yang bahkan tidak kamu follow.

Padahal, video ini sebenarnya sudah dikurasi oleh algoritma Tiktok. Dipilih berdasarkan minat dan interaksi kamu sebelumnya. Ini artinya, tidak semua pengguna, punya tampilan FYP yang sama.

Ada beberapa faktor bisa mempengaruhi konten muncul di FYP kamu. Di antaranya caption, tagar, jenis konten yang kamu suka, yang kamu bagi, ikuti, dan buat, termasuk komentar.

Faktor lain termasuk setingan perangkat kamu, seperti preferensi bahasa, setelan negara asal, dan tipe perangkat. FYP sebenarnya mirip dengan fitur Instagram Explore Page. Ia hadir bukan tanpa tujuan.

Bila kamu misalnya menyukai dan berkomentar pada beberapa video soal tips memasak, kemungkinan besar kamu akan melihat konten memasak di For You page setiap hari.

Nah, dengan menyajikan konten-konten kesukaan, Tiktok dapat membuat kamu berlama-lama menscroll halaman mereka di perangkat.

Apa Keuntungan Masuk TikTok FYP?

For You page menampilkan konten-konten terbaik di Tiktok. Ini juga menjadi cara untuk pengguna menemukan konten baru.

Namun, di sisi lain, kamu juga bisa meraup banyak profit dari FYP. Apa saja?

Followers dan Monetisasi: Dengan masuk TikTok FYP, kamu bisa merebut banyak pengikut dengan cepat untuk menembus 10 ribu follower.

Bila sudah menembus angka ini, kamu bisa menghasilkan uang dari videomu lewat TikTok Creator Fund.

Dapat Sponsor: Semakin banyak videomu dilempar ke FYP, semakin besar kemungkinan kamu dikenal. Ini bisa membuka peluang kamu mendapat sponsor.

Penjualan: Bagi pebisnis, semakin produk atau brand-nya dikenal masyarakat, tentu penjualan bisa semakin luas dan laris.

Promosi Gratis: Jika kamu biasa mendapat 100 views per TikTok, fitur FYP bisa memperluasnya menjadi puluhan ribu dengan cepat.

Bagi perusahaan atau merek, ini bisa menjadi peluang mengiklankan atau mempromosikangratis produk mereka tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Mereka juga bisa lebih dekat dan terhubung dengan konsumen.

Faktor apa yang Bikin Video Kamu Bisa Masuk FYP TikTok?

Algoritma FYP TikTok sejauh ini masih terbilang agak-agak misterius. Banyak sih rumor dan spekulasi beredar di internet tentang bagaimana cara cepat masuk FYP.

Salah satunya dengan menggunakan tagar #fyp dan #ForYou. Namun, TikTok sendiri tidak membenarkan itu. Tagar memang berpengaruh, namun tidak sebesar faktor lainnya.

Dalam sebuah pernyataan, TikTok sempat mengutarakan tentang faktor apa saja yang dapat menentukan FYP.

Di TikTok, tampilan For You merefleksikan preferensi unik kepada masing-masing pengguna. Sistem kami merekomendasikan konten berdasarkan ranking video yang berbasis kombinasi berbagai faktor, mulai dari minat yang kamu tunjukan sebagai pengguna dan menyesuaikan diri terhadap sesuatu yang tidak kamu suka, kata TikTok beberapa waktu lalu.

Lalu faktor apa saja yang bisa menentukan sebuah konten bisa masuk FYP TkTok? Berikut beberapa hal tentang algoritma TikTok dan bagaimana cara kerja For You page.

Tiga Hal Penting yang Membuat Video Kamu Masuk FYP TikTok

1. Interaksi

Semakin banyak komentar, likes, shares, dan duet yang didapat video kamuu, makin besar kemungkinan algoritma TikTok memasukannya ke FYP.

Waktu tonton videomu juga cukup menentukan. Semakin banyak pengguna yang menonton sampai habis, makin tinggi peluangnya untuk viral dan masuk FYP.

2. Informasi Video

Tagar, sound, dan caption adalah bagian dari informasi yang bisa membantu kamu masuk For You page. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan tagar dan potongan lagu yang sedang nge-tren, semakin besar kamu menarik algoritma untuk menjadikannya FYP.

Ingat, tujuan utama TikTok adalah untuk membuat orang-orang betah menggunakan aplikasi mereka. Menyajikan konten-konten yang sedang trending adalah salah satu caranya.

Namun, itu bukan berarti kamu harus menggunakan terlalu banyak tagar yang sedang trending untuk konten kamu. Cukup pilih yang relevan dan sesuai topik.

3. Setelan Perangkat dan Akun

Setelan perangkat dan akun juga cukup mempengaruhi rangking FYP. Penentuan lokasi, bahasa, jenis perangkat, dan negara cukup berperan dalam menentukan peluang masuk TikTok FYP.

Seringkali, konten lucu berbahasa Indonesia memang lebih berpeluang besar ditonton oleh banyak pengguna di Tanah Air.

Namun, ini bukan berarti video kamu berpeluang kecil viral ke berbagai negara. Ada banyak contoh video yang tidak hanya populer di satu negara saja, namun juga ke berbagai benua.

Sumber: Neil Patel

Original Source

Topik Menarik

{
{
{