Masih Jadi Primadona, Ini Deretan Game Console Andalan

Masih Jadi Primadona, Ini Deretan Game Console Andalan

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 13 Agustus 2022 - 09:40
share

JAKARTA- Game atau permainan menjadi salah satu kesenangan bagi sebagian orang untuk menghilangkan penat atau kejenuhan dari beragam aktivitas harian. Kesenangan dalam bermain game ini tidak melihat usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Salah satu game yang dapat dimainkan oleh semua usia ialah konsol game. Jenis permainan satu ini bisa dimainkan seorang diri maupun bersama teman. Bahkan, keseruan bermainnya dapat dirasakan oleh orang lain saat menontonnya dari layar televisi.

Konsol game atau disebut juga game console merupakan mesin elektronik yang dirancang khusus untuk memainkan video game yang ditampilkan pada layar televisi atau monitor komputer dan dikendalikan dengan joystick atau controller. Konsol game telah ada sejak 1960-an dan telah mengalami perkembangan, salah satunya kehadiran konsol game portable seperti PSP dan Nintendo Switch.

Sampai saat ini, konsol game masih menjadi primadona. Hal ini dikarenakan, salah satunya, konsol game dirasa lebih fleksibel dan mudah untuk dimainkan. Selain itu, setiap konsol game memiliki permainan eksklusifnya dengan beragam genre.

Tak heran jika perilisan series terbaru dari konsol game mendapat antusias yang cukup tinggi. Sempat juga menjadi trending topic di media sosial.

Ada beberapa jenis konsol game yang dikenal masyarakat luas dan mudah untuk didapatkan. Pertama ialah konsol game yang sempat merajai pasar pada 1985-an, Nintendo. Konsol game ini memiliki permainan yang terkenal dan tak lekang oleh waktu, seperti Mario, The Legend of Zelda, Pokemon, dan Animal Crossing.

Ada sejak 1983, Nintendo telah memiliki berbagai series, salah satunya ialah Nintendo Switch dengan beberapa tipe. Terbaru, Nintendo Switch Oled yang dirilis pada Oktober 2021. Sebelumnya, Nintendo Switch tipe lainnya telah memiliki penjualan yang sempat melambung saat awal masa pandemi Covid-19.

Konsol game andalan lainnya ialah PlayStation yang diproduksi oleh Sony. Kehadirannya berhasil menjadi yang pertama menembus penjualan hingga lebih 100 juta unit.

PlayStation sendiri masih menjadi salah satu konsol game yang dinantikan kehadirannya. Hal ini terlihat saat perilisan series PS 5 pada Januari 2021 lalu yang sempat menjadi trending topic di media sosial. Bahkan, banyak orang yang rela mengantre untuk menjadi orang pertama yang mendapatkan PS 5 kala itu.

Ada beberapa game eksklusif di PlayStation, di antaranya Crash Team Racing (CTR), Harvest Moon, Pro Evolution Soccer (PES), Resident Evil, dan masih banyak lagi. Bahkan, beberapa permainan tersebut memiliki ragam seriesnya, seperti Resident Evil 4 dan PES 6.

Jenis konsol game lainnya ialah Xbox yang dirilis pertama kali pada November 2001 silam. Eksistensi konsol game dari Microsoft ini pun masih terlihat, lantaran sampai saat ini Xbox telah memiliki generasi keempat yang diluncurkan pada 2020, yakni Xbox Series S dan Series X.

Sama dengan dua jenis konsol game sebelumnya, Xbox juga memiliki game eksklusifnya yang mencuri perhatian para penggunanya, salah satunya game seri dari Halo. Melalui game ini, popularitas Xbox pun meningkat. Ada juga game bergenre first-person shooter lainnya di Xbox, yakni Gears of War.

Ketiganya tentu memiliki daya tarik tersendiri. Untuk itu, sesuaikan dengan spesifikasi yang cocok dengan kebutuhan. Setelah itu, sesuaikan dengan bujet yang ada.

Nah, agar lebih hemat dan mudah, Anda bisa membeli konsol game ini di Tokopedia dengan berbagai promo menarik yang ditawarkan. Jadi, tunggu apa lagi?

(atk)

Topik Menarik