Pebulu Tangkis Muda PB Djarum Jawa Tengah Juara Umum Piala Presiden 2022

Pebulu Tangkis Muda PB Djarum Jawa Tengah Juara Umum Piala Presiden 2022

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 9 Agustus 2022 - 03:35
share

JAKARTA Kontingen Jawa Tengah sukses menjadi juara umum pada kejuaraan bulu tangkis Piala Presiden 2022 di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta. Sembilan gelar diboyong yang seluruhnya disumbangkan talenta PB Djarum.

Tim Jawa Tengah memastikan diri sebagai juara umum setelah sukses mengoleksi 9 medali emas, 7 perak dan 12 perunggu.

Sementara itu, DKI Jakarta mengekor sebagai runner-up dengan raihan 1 medali emas, 4 medali perak dan 8 medali perunggu.

Lalu, disusul Sumatera Utara di posisi ketiga dengan 1 medali emas. Terakhir ada Banten dengan raihan 2 medali perunggu.

Pemberian trofi Piala Presiden diserahkan langsung Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto yang mewakili Presiden RI Joko Widodo.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berhalangan hadir karena harus menutup pesta olahraga ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah.

Selain mendapatkan gelar juara, Jawa Tengah juga menerima hadiah berupa uang pembinaan atlet sebesar Rp250 juta.

Dalam sambutannya, Prabowo turut mengakui kehebatan atlet-atlet muda Jawa Tengah yang sukses meraih gelar juara umum.

Dia juga mengatakan, olahraga khususnya bulutangkis harus terus dibina dan dikembangkan dengan baik sehingga bisa mengharumkan nama bangsa dalam persaingan di level dunia.

Olahraga adalah salah satu tolak ukur pembangunan suatu bangsa. Dari kejuaraan ini kita harapkan tiga sampai empat tahun yang akan datang akan mewakili Indonesia di kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia," ucapnya.

"Dan, dalam kejuaraan ini dari 30 provinsi dan seperti yang kita tahu bersama Jawa Tengah keluar sebagai juara umum, lanjut Prabowo.

Ketua Pengurus Provinsi PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, memuji perjuangan para atlet muda Jawa Tengah yang sukses menjadi juara umum.

Pada Piala Presiden 2022, kontingen Jawa Tengah mengirimkan 66 atlet yang terdiri dari 55 atlet PB Djarum, 7 atlet Jaya Raya Solo, 3 atlet PMS Solo dan 1 atlet Tri Star Karanganyar.

Basri mengatakan bahwa kemenangan para atlet muda di ajang Piala Presiden 2022 merupakan lecutan untuk berprestasi di ajang yang lebih tinggi lagi.

Untuk itu, pembinaan atlet usia dini harus terus menerus dilakukan demi mengasah kemampuan, mental serta potensi para pebulutangkis muda.

Kemenangan Jawa Tengah di Piala Presiden edisi perdana ini saya harapkan dapat menjadi tolak ukur agar tim Jawa Tengah bisa memenangkan turnamen lainnya," kata Basri.

"Ini adalah awal yang baik, tapi jangan cepat puas. Para atlet harus terus mengasah diri sehingga kelak bisa menjadi aset yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia, sambungnya.

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin menyatakan kemenangan yang dipersembahkan atlet muda PB Djarum bagi kontingen Jawa Tengah di Piala Presiden 2022 merupakan buah manis dari pembinaan atlet usia dini yang berkesinambungan.

Pembinaan sejak dini tersebut, kata Yoppy, merupakan aspek fundamental dan sangat penting dalam skema piramida prestasi atlet.

Turnamen Piala Presiden 2022 ini memang menjadi ajang bagi para atlet yang telah kami bina untuk menunjukkan kemampuan mereka di atas lapangan. Dan ternyata, mereka menjawabnya dengan prestasi," ungkap Yoppy.

"Tak hanya jadi juara umum, tapi kami juga melampaui target yang semula mengincar enam gelar juara, tapi berhasil membawa pulang sembilan gelar. Meski begitu tetap ada evaluasi yang harus dilakukan. Terutama untuk sektor tunggal putri, tegasnya.

(mirz)

Topik Menarik