Tontowi/Liliyana Comeback di Laga Eksibisi Piala Presiden 2022, Ngaku Bingung Aturan Baru hingga Susah Atur Napas

Tontowi/Liliyana Comeback di Laga Eksibisi Piala Presiden 2022, Ngaku Bingung Aturan Baru hingga Susah Atur Napas

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 6 Agustus 2022 - 01:10
share

JAKARTA, celebrities.id Laga comeback pasangan ganda campuran legendaris Indonesia, Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir membuahkan cerita menarik. Mulai dari keduanya yang bingung dengan aturan baru hingga kesulitan mereka untuk mengatur napas karena sudah lama tak bertanding.

Sekadar informasi Owi/Butet sapaan Tontowi/Lilyana- comeback dalam laga eksibisi Piala Presiden 2022 yang berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta Timur, pada Jumat (5/8/2022). Mereka berhadapan dengan ganda putri Indonesia yang juga comeback dalam laga ini, yaitu Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu pun sangat serius menjalani laga persahabatan kontra sang junior yang hanya dimainkan dalam satu gim saja. Meski sempat tertinggal 11-10 saat interval, mereka berhasil membalikkan keadaan dan menang dengan skor 21-18. Selepas laga, Butet mengungkapkan bahwa ini adalah kali pertama baginya kembali bermain dengan Owi sejak tiga tahun lalu.

Meski begitu, pemain berusia 36 tahun itu mengaku tetap mendapatkan chemistry yang baik dengan pasangannya itu.

Terakhir bareng ya 2019 itu abis saya pensiun. Cuma chemistrynya masih dapet tadi kan. Saya perlu masuk lagi ke cipayung?, ujar Lilyana kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia, Jumat (5/8/2022).

Lama tak menjalani latihan keras usai pensiun, mantan ganda campuran ranking satu dunia itu mengaku keteteran dari segi stamina saat berhadapan dengan Fadia/Ribka, yang jauh lebih muda. Mereka tak memungkiri sangat kesulitan mengatur napas dalam laga ini.

Yang jadi keluhan saya cuma satu, napasnya itu. Karena kan pasti beda ya dulu kita intens latihan berat, sekarang kan sudah mengurangi porsi. Jadi yang paling berpengaruh sih napas, kata Tontowi.

Yang jadi kendala kita itu tadi bukan mengatur strategi, tapi mengatur nafas. Strategi enggak masalah lah, nafasnya yang bermasalah, kata Lilyana.

Lebih lanjut, pasangan juara dunia 2013 dan 2017 itu juga mengaku bingung dengan aturan baru yang diterapkan dalam pertandingan. Salah satunya adalah proses menukar shuttlecock yang kini langsung diambil sendiri oleh pemain setelah sebelumnya pemain harus mengambilnya di tempat service judge.

Tadi bilang sama Ci Butet, saya pingin coba rasanya nyabut cock dari tempatnya itu. Karena selama ini kita lihatnya di TV saja, ujar Owi.

Sekadar informasi, Owi/Butet merupakan salah satu pasangan ganda campuran legendaris Tanah Air. Mereka pernah menyabet emas Olimpiade Rio 2016, dua kali juara dunia, juara Asia dan masih banyak rentetan prestasi gemilang yang mereka catatkan selama menjadi pasangan. Oleh karena itu, penonton yang hadir di venue Piala Presiden 2022 hari ini merasa sangat terhibur melihat Owi/Butet kembali beraksi di atas lapangan. Mereka bersorak-sorai melihat keduanya mengalahkan Fadia/Ribka.

Di sisi lain, laga ini juga menjadi comeback bagi Fadia/Ribka sejak dipisahkan pada SEA Games 2021 lalu. Selanjutnya mereka akan kembali mentas di ajang kompetitif yakni pada gelaran Kejuaraan Dunia 2022 yang berlangsung di Tokyo pada bulan ini.

Topik Menarik