Andrea Dovizioso Resmi Pensiun Usai MotoGP San Marino 2022, Ini Pembalap Penggantinya

Andrea Dovizioso Resmi Pensiun Usai MotoGP San Marino 2022, Ini Pembalap Penggantinya

Berita Utama | skor.id | Kamis, 4 Agustus 2022 - 20:00
share

SKOR.id - Jelang MotoGP Inggris 2022, kabar mengejutkan datang dari kubu WithU Yamaha RNF yang bakal melakukan perombakan komposisi pembalap di tengah musim.

Perombakan terjadi menyusul keputusan pensiun yang diambil oleh Andrea Dovizioso. Ia berencana gantung helm setelah MotoGP San Marino 2022 yang digelar 4 September nanti.

Setelah itu, kursi Andrea Dovizioso bakal diduduki oleh Cal Crutchlow minimal hingga kompetisi MotoGP 2022 berakhir.

RNF sendiri masih belum menentukan siapa rider yang akan direkrut untuk mengarungi kompetisi MotoGP 2023, di mana mereka beralih status jadi tim satelit Aprilia.

"Kami sangat sedih Andrea akan meninggalkan olahraga ini lebih cepat dari yang diharapkan," ujar bos Yamaha, Lin Jarvis.

"Dia adalah nama besar di MotoGP. Kehadirannya di paddock akan sangat dirindukan. Kami sangat beruntung musim lalu ia berkenan bergabung bersama program MotoGP kami."

"Sayangnya, Andrea harus berjuang mati-matian untuk bisa mengeluarkan potensi maksimal YZR-M1, dan hasilnya selama ini tidak sesuai harapan," ujarnya.

Sementara itu, Dovizioso mengaku bersyukur sudah diberi kesempatan membela Yamaha dalam dua periode (MotoGP 2012 dan MotoGP 2021-2022).

"Pada 2012, saya mendapat kesempatan membela pabrikan Iwata di MotoGP. Kesan saya saat itu positif dan sejak saat itu saya yakin akan kembali ke Yamaha," kata Dovizioso.

"Sayang, dalam beberapa tahun belakangan MotoGP telah berubah dengan sangat cepat. Situasinya jauh berbeda sejak saya pertama kali mengendari Yamaha."

"Saya tak pernah merasa nyaman dengan motor ini, dan saya belum mampu untuk mengeluarkan potensi terbaiknya meski mendapat banyak bantuan dari tim."

"Meski hasilnya selama ini masih negatif, saya menganggap kebersamaan dengan Yamaha sebagai pengalaman hidup yang penting."

"Maka atas segala dukungan yang telah diberikan, saya ingin berterima kasih kepada Yamaha, RNF Racing Team, WithU, dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam proyek ini."

"Petualangan saya mungkin berakhir d Misano tetapi hubungan baik saya dengan orang-orang di tim ini akan berlangsung selamanya," tuturnya.

Andrea Dovizioso sendiri dikenal sebagai satu di antara sedikit pembalap yang mampu mengimbangi Marc Marquez di masa jayanya.

Kiprahnya di MotoGP membentang sejak 2008. Namanya pun abadi sebagai pembalap dengan start beruntun terbanyak sepanjang sejarah.

Menunggangi Ducati, Andrea Dovizioso jadi kandidat juara dunia MotoGP 2017-2019 meski akhirnya harus puas menutup ketiga musim itu sebagai runner up di belakang Marc Marquez.

Jadwal MotoGP Inggris 2022, Akhir Pekan Ini: Penalti dan \'\'Kutukan\'\' Silverstone Membayangi Quartararo

Seri Pembuka MotoGP 2023 Pindah, dari Qatar Menuju Portugal

Topik Menarik