Turut Serta Membunuh Brigadir J, Siapa Pelaku Selain Bharada E?

Turut Serta Membunuh Brigadir J, Siapa Pelaku Selain Bharada E?

Berita Utama | law-justice.co | Kamis, 4 Agustus 2022 - 00:40
share

Tersangka pembunuh Brigadir J, Bharada E dijerat pasal berlapis terkait kasus kematian Brigadir J dalam kasus tembak menembak di rumah Irjen Ferdy Sambo. Tak hanya dijerat pasal pembunuhan, Bharada E juga dijerat dengan pasal turut serta.

Jika Bharada E turut serta dalam pembunuhan itu, logikanya ada pelaku lain yang terlibat? "Penyidik sudah melakukan gelar perkara dan pemeriksaan saksi juga sudah kita anggap cukup untuk menetapkan Bharada E sebagai tersangka," ujar Dirpidum Bareskrim Polri Bridjen Andi Rian dalam jumpa pers di Mabes Polri, Rabu (3/4/2022).

"Dengan persangkaan pasal 338 juncto Pasal 55 dan/atau 56 KUHP," tambah Andi Rian. Sesuai bunyi Pasal 55 KUHP sebagai berikut:
"(1) Dipidana sebagai pelaku tindak pidana:
1. Mereka yang melakukan, yang menyuruh melakukan, dan yang turut serta melakukan perbuatan;
2. Mereka yang dengan memberi atau menjanjikan sesuatu, dengan menyalahgunakan kekuasaan atau martabat, dengan kekerasan, ancaman atau penyesatan, atau dengan memberi kesempatan, sarana atau keterangan, sengaja menganjurkan orang lain supaya melakukan perbuatan.

dan (2) Terhadap penganjur, hanya perbuatan yang sengaja dianjurkan sajalah yang diperhitungkan, beserta akibat-akibatnya."

Kemudian Pasal 56 KUHP berbunyi:
"(1) Mereka yang sengaja memberi bantuan pada waktu kejahatan dilakukan ; 2. mereka yang sengaja memberi kesempatan, sarana atau keterangan untuk melakukan kejahatan."

Lantas, siapa pelaku lain yang dinilai terlibat dalam kasus ini kematian Brigadir J ini? "Tadi kan sudah disampaikan, masih penyelidikan," lanjut Andi. Yang pasti Kamis (4/8), irjen Ferdi Sambo akan diperiksa oleh tim Bareskrim Polri dalam kaitan kasus pembunuhan Brigadir J ini.

Lantas, apakah Sambo akan bernasib sama dengnan Bharada E, seperti yang dimaksud dalam delik pidana turut serta tersebut? Rakyat atau publik luas sepertinya sudah tidak sabar melihat akhir dari pengungkapan kasus ini.

Topik Menarik